Anak-anak. Anak biasanya meniru apa yang orang tuanya lakukan.  /UN.org
Health

Bunda, Ini Cara Bujuk Anak Agar Mau Pakai Masker

Janlika Putri Indah Sari
Selasa, 29 Juni 2021 - 13:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Selama pandemi menerpa seluruh dunia, setiap orang diwajibkan menggunakan masker untuk melindungi diri dari bahaya Covid-19.

Tak hanya orang dewasa atau lansia, anak juga turut andil untuk mengenakan masker dalam setiap aktivitasnya. Namun seringkali anak tidak nyaman menggunakan masker, dan mereka akan melepasnya.

Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes, dr. Erna Mulati M.Sc mengatakan bahwa pada situasi ini para orang tua jangan menyerah untuk bekerja ekstra dalam membujuk anak mengenakan masker.

"Mungkin satu sisi anak kurang nyaman pada benda tersebut, namun pada sisi lain anak kurang paham situasi saat ini sehingga diperlukan pengetahuan bagi anak memahami keadaan yang terjadi dan apa dampaknya," tuturnya secara virtual pada Seminar Nasional bertajuk Membangun Ketangguhan Keluarga: Membentuk Inisiatif dan Dukungan Kesehatan Jiwa, Selasa (29/6/2021).

Karena anak tidak mengetahui dan mengerti keadaan saat ini, orang tua wajib memiliki bekal pengetahuan yang bisa di bagikan pada anak.

Erna menyarankan para orang tua harus punya kemampuan menyampaikan hal tersebut secara sederhana dan di mengerti anak. Dengan begitu anak bisa menyadari pentingnya menggunakan masker, dan juga bahaya yang mengancam jika melepasnya.

Tak hanya sekadar memberikan pengetahuan, orang tua juga harus mencontohkan secara nyata pada anak. Jika anak melihat orang tuanya memakai masker, maka mereka akan otomatis mengikuti orang tuanya.

"Anak biasanya meniru apa yang orang tuanya lakukan. Jika orang tuanya tidak pakai masker maka anak juga akan menirunya. Maka orang tua harus disiplin menggunakan masker," tandas Erna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro