Makanan mengandung asam amino
Health

Ini Lho, Makanan yang dapat Melawan Peradangan pada Tubuh

Sartika Nuralifah
Senin, 5 Juli 2021 - 15:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peradangan, menjadi salah satu komplikasi selama covid-19 yang dikhawatirkan oleh banyak orang.

Peradangan ada skala ringan hingga berat yang bisa membahayakan nyawa.

Untuk menghindari terjadinya peradangan, ada beberapa makanan yang bisa melindungi tubuh Anda. Salah satunya yang mengandung triptofan asam amino.

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences, melihat bagaimana kadar triptofan mempengaruhi kemampuan usus untuk melindungi peradangan pada tikus

Untuk tikus muda, tingkat triptofan yang rendah tidak menjadi masalah, mikrobioma mereka mampu menjaga semuanya berjalan dengan lancar. Padahal untuk tikus yang lebih tua, tidak mendapatkan cukup asam amino dapat merusak kesehatan usus mereka dan menyebabkan peradangan.

Temuan awal ini menunjukkan bahwa, bagi manusia, mengonsumsi triptofan dalam kadar yang cukup bisa menjadi kunci untuk menjaga peradangan tetap terkendali, terutama seiring bertambahnya usia.

"Triptofan adalah bagian penting dari diet sehat, Anda kemungkinan besar akan mendapatkan manfaat terbesar dari memakannya dalam konteks diet sehat dan minimal diproses untuk menekan makanan nabati, Anda bisa mendapatkan triptofan dalam makanan, seperti unggas dan telur, tetapi sumber nabati, seperti kedelai dan biji labu akan meningkatkan asupan triptofan serta senyawa yang menurunkan peradangan dan mendukung usus yang lebih sehat." Ujar Samantha Cassetty, MS, RD, nutrisi dan ahli kesehatan.

Mungkin Anda tergoda untuk mengonsumsi suplemen triptofan daripada memasukkan asam amino ke dalam makanan Anda melalui makanan. Namun, sangat disarankan untuk melawan godaan itu.

"Saat mengonsumsi triptofan dari suplemen, maka dapat menyebabkan beberapa efek samping negatif seperti sakit perut, diare, mual, muntah, bersendawa, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, dan mulut kering, suplemen triptofan dapat mengganggu beberapa obat resep, jadi tanyakan kepada dokter Anda sebelum meminumnya." jelas Vandana Sheth, RDN, CDCES, ahli gizi diet terdaftar FAND dan penulis My Indian Table: Resep Vegetarian Cepat & Lezat.

Berpotensi mengurangi peradangan bukan satu-satunya hal yang dapat dilakukan triptofan untuk Anda. Salah satu manfaat lain yang diberikannya terjadi ketika tubuh Anda mengubah asam amino menjadi niasin.

Sheth menjelaskan bahwa niasin membantu tubuh kita membuat serotonin, yang meningkatkan suasana hati kita dan menurunkan tingkat kecemasan kita. Tetapi untuk membantu memfasilitasi konversi ini, dia mengatakan penting bahwa Anda juga mengkonsumsi makanan yang memiliki dua vitamin B (B2 dan B6) serta mineral besi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro