Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bukan Make Up atau Softlens, Ini 5 Tips Agar Mata Anda Tampak Lebih Indah

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Arthur S. Simon, mata yang indah adalah mata yang sehat.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 12 Juli 2021  |  19:40 WIB
Bukan Make Up atau Softlens, Ini 5 Tips Agar Mata Anda Tampak Lebih Indah
Softlens - dailymail

Bisnis.com, JAKARTA – Softlens cukup popular di Indonesia. Selain digunakan untuk membantu penglihatan bagi mereka yang tidak ingin menggunakan kacamata, softlens juga menjadi pilihan untuk mempercantik penampilan, terutama pada mata Anda. Ditambah lagi, softlens kini hadir dengan bermacam-macam warna.
 
Tidak hanya softlens, beberapa orang juga memperindah mata mereka dengan make up.
 
Namun, pernahkah terlintas di benak Anda, sebenarnya standar mata indah itu seperti apa?
 
Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Arthur S. Simon, mata yang indah adalah mata yang sehat.
 
Melalui laman Instagramnya, Senin (12/7/2021), dr Arthur membagikan tips menjaga mata agar tetap sehat dan indah tentunya.
 
1. Jaga kebersihan mata

Anda baru saja menggunakan make up mata? Jangan lupa untuk membersihkannya dengan benar. Pastikan agar sisa-sisa make up sudah bersih sepenuhnya.
 
2. Perlakukan mata Anda dengan lembut

Menggunakan make up waterproof, sweatproof, smudgeproof dan sejenisnya terkadang sulit untuk dibersihkan dari wajah Anda. Tetapi pastikan untuk tidak menggosok kencang area di sekitar mata. Cobalah membersihkannya dengan baby oil dan kapas lembut.
 
3. Hati-hati alergi

Jangan sembarangan jika Anda ingin menggunakan lem bulu mata misalnya atau ingin menempelkan bahan-bahan asing di daerah mata dan sekitarnya.
 
4. Jangan dikucek atau dipegang-pegang

Jangan suka memegang-megang wajah apalagi mata Anda, terutama saat tangan Anda kotor. Mengutip Klikdokter, Senin (12/7/2021), tangan adalah bagian tubuh yang sering digunakan kuman untuk berpindah-pindah tempat. Saat Anda mengucek mata menggunakan tangan yang kotor, Anda berisiko memasukkan partikel mikro kotoran secara tidak sengaja sehingga menyebabkan iritasi hingga goresan pada kornea mata Anda. Selain itu, mengucek mata dapat memicu munculnya kerutan dan lingkaran hitam di sekitar mata Anda. 
 
5. Kurangi penggunaan gadget

Penggunaan gadget yang berlebihan membuat mata Anda menjadi cepat lelah, lebih sulit untuk tidur sehingga mengakibatkan kurang tidur dan membuat mata panda saat Anda terbangun.
 
Selain beberapa tips di atas, Anda juga perlu untuk menjaga kelenjar-kelenjar minyak yang berada di sekitar kelopak mata Anda. Jika kelenjar-kelenjar tersebut tersumbat akibat sisa make up, debu ataupun kotoran, ini dapat mengganggu komposisi air mata yang akan membuat mata Anda menjadi kering, mudah iritasi dan merah. Sumbatan ini bahkan dapat membuat area ini berjerawat atau bintitan. Oleh karena itu, pastikan untuk merawat dan menjaga mata agar tetap bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mata perawatan wajah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top