Ilustrasi/Viiva
Relationship

Posisi Tidur Ternyata Memengaruhi Mimpi Anda Lho

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 20 Juli 2021 - 12:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda tidur dengan posisi tangan di atas dada dan mengalami mimpi buruk?

Jika ini Anda alami, itu bukanlah suatu insiden yang tidak terkait, tetapi sesuatu yang membutuhkan introspeksi. Cara Anda tidur, atau posisi di mana Anda tidur dapat memiliki hubungan yang aneh dengan mimpi yang mungkin Anda alami.

Tidak hanya ada hubungan aneh dan luar biasa antara mimpi menakutkan dan meletakkan tangan di dada saat tidur, yang mengejutkan, ini adalah salah satu fenomena tidur paling umum yang cenderung dimiliki orang. Tapi mengapa ini terjadi?

Ini adalah fakta yang diketahui bahwa mimpi kita, dan pada dasarnya, kualitas tidur kita dipengaruhi oleh banyak faktor yang berbeda termasuk stres dan kecemasan.

Bisa juga terjadi bahwa mimpi (atau mimpi buruk) yang kita dapatkan dipengaruhi oleh kehidupan nyata kita, dan bisa muncul dalam sejumlah mimpi. Menariknya, meskipun kita bermimpi berkali-kali, kita akhirnya mengingat hanya satu, atau dua jika beruntung.

Ada juga kemungkinan teori yang menunjukkan bahwa mimpi yang kita visualisasikan terkait dengan cara kita memandang sesuatu secara emosional. Bermimpi buruk dapat sangat dipengaruhi oleh cara otak kita memproses berbagai emosi, rangsangan, ingatan, atau informasi yang baru saja Anda terima dan dengan demikian, dengan cara tertentu, apa yang Anda lihat, atau apa yang Anda lakukan sebelum tidur bisa sangat berdampak.

Dengan cara yang sama, ada kemungkinan hubungan antara mengapa kita mengalami mimpi buruk dan mengapa kita tidur dengan cara tertentu. Menurut beberapa orang, meletakkan tangan kita di dada dapat menyebabkan beberapa tingkat stres pada tubuh, yang biasanya tidak biasa. Ingat, saat kita tidur, tubuh juga tidur, secara harfiah.

Ada fungsi pendukung minimal yang dilakukan, yang berarti bahwa jantung, paru-paru dan otak bekerja pada tingkat yang telanjang, relaksasi maksimal. Oleh karena itu, bahkan pemicu yang mengejutkan mungkin dapat mengganggu mereka dan meningkatkan detak jantung mereka.

Dari keadaan relaksasi yang tenang, tubuh mencoba untuk membiasakan diri dengan beban ekstra yang dipaksakan dengan menempatkan telapak tangan dalam keadaan relaksasi. Rangsangan ini dengan cepat diinterpretasikan oleh otak sehingga cenderung menimbulkan ketidakseimbangan emosi, berupa:

Teori lain yang mungkin muncul adalah bahwa dengan menginduksi stres, aliran oksigen ke bagian otak yang menyimpan ingatan dan mempengaruhi fungsi bawah sadar kita terganggu. Ini, pada gilirannya, menandai alarm panik, dan otak mencoba mengingatkan kita melalui citra negatif, atau mimpi buruk dalam mimpi.

Mimpi juga kemungkinan besar terjadi selama siklus tidur REM, yaitu saat otak paling aktif. Oleh karena itu, keadaan Anda saat ini, atau cara tertentu Anda tidur, dapat secara dramatis memengaruhi visual mimpi yang Anda dapatkan.

Lebih dari itu, ingatlah bahwa apa yang Anda lalui dalam sehari, atau rasakan, atau pikirkan juga mungkin berdampak pada alam bawah sadar - dan dapat memengaruhi impian Anda.

Dapatkah mengubah posisi tidur Anda membantu?

Semua orang lebih memilih cara atau posisi untuk tidur. Meskipun telah lama diperdebatkan, jika memang ada sesuatu seperti posisi tidur yang 'sempurna', ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mengubah posisi tidur Anda mungkin memiliki dampak konsekuensial pada mimpi yang Anda lihat. Menurut para ahli, posisi tidur yang berbeda dapat membuat beberapa tekanan pada bagian tubuh Anda yang berbeda dan menimbulkan perasaan yang muncul dalam mimpi Anda.

Meskipun mungkin saja mimpi Anda sedikit berubah (ingatlah bahwa sebagian besar dipengaruhi oleh apa yang Anda pikirkan atau reaksikan), itu mungkin tidak selalu disarankan untuk kesehatan yang lebih baik. Beberapa posisi, seperti tidur tengkurap bisa menjadi buruk dan pro dan kontra serupa ada pada setiap posisi tidur lainnya.

Oleh karena itu, yang terbaik adalah tetap pada posisi tidur yang membuat Anda rileks dan mendukung struktur alami dan kesehatan tulang belakang Anda.

Cara tidur lebih nyenyak setiap hari (atau malam)

Meskipun mungkin tidak ada satu posisi tidur yang menjamin Anda mendapatkan mimpi termanis atau meniadakan mimpi buruk yang menggetarkan, ada beberapa cara Anda dapat benar-benar menenangkan tubuh dan mendapatkan tidur yang nyenyak.

-Hindari gangguan, penggunaan gadget ekstrim 30 menit- 1 jam sebelum tidur.

-Jangan terlibat dalam rangsangan visual yang mengaktifkan otak untuk tetap terjaga (misalnya- mencoba dan menghindari film horor atau potongan investigasi)

-Sedikit relaksasi berjalan jauh. Minumlah minuman sebelum tidur yang menenangkan, regangkan sedikit sebelum masuk.

-Hindari alkohol, tembakau atau makanan berat sebelum tidur. Dengan segala cara, jaga jarak antara makan malam dan waktu tidur Anda.

-Tidur dalam posisi alami yang tidak menghalangi saluran udara, atau membuat Anda merasa tidak nyaman atau stres.

-Bekerja untuk mengurangi tingkat stres dan melakukan meditasi, jika itu membantu.

-Menjaga kebersihan tidur yang baik dan menjaga lingkungan tetap nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro