Ilustrasi main bulutangkis
Health

Manfaat Main Bulutangkis, Salah Satunya Bisa Perpanjang Umur hingga 6 Tahun!

Jessica Gabriela Soehandoko
Senin, 2 Agustus 2021 - 15:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badminton atau bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia.

Selain dengan permainannya yang seru, bulu tangkis juga menawarkan berbagai manfaat seperti meningkatkan usia harapan hidup dan mobilitas, yang berdampak pada kesehatan jantung untuk segala usia.

Untuk lebih lanjutnya, berikut beberapa alasan mengapa Anda harus bermain badminton yang dilansir dari everyoneactive.

1. Menggunakan seluruh badan Anda

Ketika Anda berlari, memukul dengan kencang, dan jantung Anda terpompa, dalam satu jam Anda telah membakar kalori sekitar 450 kalori. Gerakan yang bervariasi ini memberikan latihan kardio yang kuat, yang melibatkan seluruh tubuh Anda seperti paha belakang, paha depan, betis, dan perut Anda.

2. Meningkatkan kesehatan mental

Dengan meningkatkan aktivitas fisik, maka dapat membantu melepaskan hormon bahagia Alami kita yakni endorfin. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengurangi depresi, cemas, stres, dan dapat meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur Anda. Dengan bermain badminton dapat juga memerangi Anda dari rasa kesepian.

3. Kesehatan jantung

Jantung yang sehat sangat penting untuk memastikan tubuh Anda berfungsi dengan baik dan benar. Bermain badminton juga dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain itu, dengan bermain badminton maka akan membantu anda untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi, dan menghindari serangan jantung dan stroke.

4. Membantu menghindari diabetes

Bulu tangkis dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe dua saat dewasa. Hal tersebut dapat membantu mengurangi produksi gula di hati, yang dapat mengurangi gula darah pada tubuh.

5. Meningkatkan harapan hidup

Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan di Denmark pada 9.000 orang, penelitian menunjukan bermain olahraga yang berbasis raket seperti badminton dapat meningkatkan harapan hidup sampai 6 tahun. Sepak bola dapat meningkatkan harapan hidup lebih dari empat tahun dan olahraga seperti bersepeda, berenang, dan jogging masing-masing dapat meningkatkan harapan hidup lebih dari tiga tahun.

6. Meningkatkan Mobilitas

Dengan bermain badminton, maka dapat membantu Anda untuk meminimalkan risiko radang sendi dan masalah sendiri lainnya. Hal ini dapat membantu kita untuk memiliki mobilitas yang baik, dimana dengan sering bertambahnya usia, maka mobilitas kita secara bertahap dapat menjadi lebih terbatas.

Selain dengan beberapa manfaat bagi kesehatan, badminton juga menjadi olahraga yang cukup fleksibel. Anda dapat mengurangi seberapa sering bermain badminton dalam seminggu dengan mengubah kecepatan Anda dalam bermain.

Bermain badminton juga dapat meningkatkan sosial kita baik dalam teman, sehabat, ataupun keluarga seperti dengan Anak. Selain dengan membawa anak-anak belajar mempelajari keterampilan baru, mendapatkan manfaat kesehatan, Anda juga akan memiliki waktu yang menyenangkan bersama dengan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro