Ilustrasi anak sakit demam/istimewa
Health

Kabar Baik, Anak-anak Jarang Alami Long Covid-19 Jika Terpapar Virus Corona

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 4 Agustus 2021 - 09:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi menyebutkan bahwa anak-anak jauh lebih kecil kemungkinannya daripada orang dewasa mengalami long covid.

Penelitian ini menjadi penting karena saat ini varian delta membuat banyak orang tua khawatir anak-anak akan terpapar dalam jangka lama.

Anak-anak yang terkena Covid-19 dan memiliki gejala, biasanya merasakannya selama rata-rata enam hari, menurut penelitian Lancet.

Penelitian itu dilakukan terhadap 1.734 anak-anak usia 5 hingga 17 tahun. Dari penelitian itu hanya 4,4 persen memiliki gejala yang berlangsung lebih dari empat minggu.

Gejala long covid sedikit lebih umum di antara mereka yang berusia 12 hingga 17 tahun (5,1%) dibandingkan anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun (3,1%).

Jumlah rata-rata gejala turun dari enam dalam empat minggu pertama menjadi dua gejala pada minggu-minggu sesudahnya.

Para peneliti membandingkan Covid-19 pada anak-anak dengan penyakit masa kanak-kanak lainnya, termasuk flu dan pilek, menemukan bahwa Covid-19 bertahan sekitar dua kali lebih lama yakni enam hari hingga tiga hari.

Namun, anak-anak dengan gejala jangka panjang dari penyakit yang lebih umum ditemukan memiliki rata-rata lima gejala, dibandingkan dengan rata-rata dua gejala di antara anak-anak dengan Covid yang lama.

Hasilnya konsisten dengan penelitian lain yang menunjukkan bahwa anak-anak cenderung tidak mengalami gejala parah atau meninggal karena Covid-19, tetapi mereka tetap berisiko menyebarkan virus ke orang dewasa, yang lebih rentan.

Para peneliti telah menemukan bahwa antara 10% dan 30% orang dewasa mengembangkan gejala jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro