Mantan Menkes Siti Fadilah dan mantan Menkes Terawan Agus Putranto seusai mengikuti proses ujicoba vaksinasi Vaksin Nusantara di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (15/4)./Istimewa
Health

Heran dengan Ledakan Covid-19 di Berbagai Negara, Eks Menkes Siti Fadilah: Ini Aneh!

MG Noviarizal Fernandez
Sabtu, 7 Agustus 2021 - 18:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Menteri Siti Fadilah Supari mengaku heran melihat ledakan penderita Covid-19 yang terjadi di banyak tempat.

Menurutnya berbagai ledakan jumlah penderita Covid-19 di beberapa negara seperti India, Indonesia, Singapura dan sebagainya nampak aneh.

“Ini aneh. Tidak seperti virus biasa. Outbreak itu terjadi pada waktu yang agak sama. Explosive berdampak pada masyarakat banyak dalam waktu cepat dan bersamaan. Makanya collaps,” ujarnya dalam wawancara dengan Karni Ilyas yang dipublikasikan oleh akun Karni Ilyas Club yang dikutip pada Sabtu (7/8/2021). 

“Bagaimana delta bisa menyebar cepat, kenapa tidak ada yang memikirkan. Apakah itu sesuai dengan karakter virus untuk menyebar, kalau tidak sesuai dengan karakter virusnya mikir dong,” tambahnya.  

Keanehan demi keanehan itu membuat munculnya dugaan apakah pandemi ini terjadi secara alamiah atau tidak. Pasalnya, jika terjadi secara natural, perjalanan penyebaran menrutnya tidak seperti yang terjadi saat ini.

Dia mengaku heran bahwa ledakan pandemi bisa menyebar di berbagai belahan dunia padahal memiliki cuaca yang berbeda satu sama lain.

Karena itu, Indonesia menurutnya harus memanfaatkan keberadaan lembaga seperti Eijkman untuk melakukan penelitian karakter virus ecara detail agar bisa diantisipasi di masa yang akan datang. “Kalau ini bikinan kita akan menunggu outbreak berikutnya,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro