Kunyit merupakan tanaman obat/Antara
Health

6 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Ithamar Yaomi DC
Kamis, 19 Agustus 2021 - 19:49
Bagikan

Turunkan Risiko Penyakit Kronis hingga Lawan Depresi

3. Dapat menurunkan risiko penyakit kronis
Dipercaya bahwa adanya kurkumin dalam kunyit dapat mencegah penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, diabetes dan kanker, pun membantu Anda hidup lebih lama.

Penyakit jantung adalah salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap angka kematian di seluruh dunia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah seseorang mengembangkan penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Sehubungan dengan penyakit kronis seperti kanker, kurkumin dikatakan sebagai ramuan bermanfaat dalam pengobatan kanker dan telah ditemukan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan kanker. Selain membantu dalam pemberantasan sel kanker, juga dapat mengurangi metastasis, yaitu penyebaran kanker ke bagian tubuh lainnya.

Mengingat bahwa kurkumin dapat mengontrol peradangan, dikatakan memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula darah juga. Hal ini membantu orang mencegah diabetes tipe 2 dalam jangka panjang.

4. Bisakah kunyit mencegah penyakit Alzheimer?
Penyakit Alzheimer atau demensia adalah kondisi neurologis yang melibatkan hilangnya memori. Meskipun tidak terbukti, kunyit dikatakan mampu melindungi otak dari penyakit degeneratif umum, termasuk Alzheimer. Mengingat bahwa kunyit menyebabkan peningkatan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, protein yang ditemukan di otak dan sumsum tulang belakang yang memastikan sel-sel saraf yang sehat dan mengatur komunikasi antara sel-sel saraf, sehingga memungkinkan pembelajaran dan menghafal.

Namun, penting untuk dicatat bahwa sebagian besar penelitian telah dilakukan pada tikus dan lebih banyak penelitian menunggu untuk mengkonfirmasi efektivitas kunyit dalam mencegah Alzheimer.

5. Membantu melawan depresi
Mengingat hiruk-pikuk dunia saat ini, dan orang menjadi sangat sibuk, sehingga tingkat stres pun meningkat. Kesehatan mental yang buruk telah menjadi tantangan yang berkembang dan kita perlu melakukan segalanya untuk mengatasi dan mengobatinya secara bersamaan.

Studi juga mengklaim bahwa kunyit memiliki kekuatan untuk mengobati depresi dan mengurangi stres dan kecemasan. Bahkan telah dibandingkan dengan antidepresan dan terbukti sama efektifnya. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan efektivitas kunyit dalam memerangi depresi, kunyit dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati penyakit lain.

6. Kunyit membantu meringankan gejala Arthritis
Arthritis adalah masalah persendian yang disebabkan oleh peradangan kronis pada persendian. Karena kurkumin kaya akan sifat anti-inflamasi, hal tersebut mungkin dapat menjadi salah satu solusi alami terbaik untuk menyembuhkan radang sendi atau kondisi terkait sendi lainnya.

Beberapa penelitian juga menunjukkan hubungan positif antara kurkumin dan kemampuannya untuk mengobati radang sendi. Namun, lebih banyak penelitian dan bukti masih menunggu.

Sumber: timesofindia.indiatimes.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro