Ragam Manfaat Kunyit, dari Cegah Kanker dan Rawat Organ Tubuh /Litbang Kemendagri
Health

Ragam Manfaat Kunyit, dari Anti Radang hingga Cegah Kanker

Redaksi
Kamis, 16 Mei 2024 - 13:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kunyit mempunyai banyak kandungan yang baik untuk mencegah kanker dan merawat organ tubuh.

Biasanya kunyit diolah menjadi jamu untuk dikonsumsi dan diminum saat pagi atau malam hari.

Selain antioksidan, kunyit juga memiliki kandungan kurkumin, sesmetoksikumin, vitamin C, zat besi, hingga fosfor. Tak heran jika tanaman asal Asia Tenggara ini sudah sejak lama digunakan sebagai alternatif obat ketika sakit.

Segudang kandungan kunyit membuat tumbuhan ini berperan sebagai antioksidan, antitumor, antikanker, anti racun, dan antimikroba. Di beberapa negara, kunyit digunakan untuk mengobati sakit perut, mengurangi inflamasi, dan gangguan hati.

Dilansir Heatlline dan Kementerian Kesehatan, berikut manfaat kunyit untuk kesehatan:

1. Mengobati Radang

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, kurkumin merupakan salah satu antioksidan dapat membantu menekan peradangan dan kerusakan dalam organ tubuh. Dalam satu kunyit mengandung kurkumin sebanyak 200 miligram. Kurkumin membantu menghentikan kerja enzim serta sitokin penyebab inflamasi pada tubuh serta meningkatkan kortisol pada kelenjar adrenal.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan kurkumin dalam kunyit juga dapat bekerja menangkal radikal bebas atau virus yang mengancam kesehatan, sehingga daya tahan tubuh terjaga secara optimal. Zat kurkumin akan dibantu oleh zat anti kataral yang melindungi saluran pernapasan dari infeksi akut.

3. Mengobati Maag

Bagi penderita penyakit asam lambung, kunyit merupakan salah satu tanaman yang dijadikan obat untuk mengobati rasa sakit ketika maag sedang kambuh. Kunyit membantu mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan, sehingga asam lambung terkontrol secara optimal.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kunyit membantu meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah. Adanya disfungsi endotelium menyebabkan jantung tidak mampu mengatur tekanan darah dan pembekuan darah, sehingga memicu penyakit jantung sejak dini. Diketahui, penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia.

5. Meredakan Peradangan Usus

Kandungan antioksidan dan kurkumin pada kunyit melancarkan kinerja otot pencernaan. Hal ini dapat mengurangi intensitas sakit pada perut yang disebabkan peradangan usus. Pasalnya, dalam kondisi serius, peradangan usus menyebabkan diare kronis.Untuk menangani masalah itu perlu melakukan konsultasi dengan dokter.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro