Penyanyi Andmesh menggunakan mic QA Electronic/Istimewa
Entertainment

Microphone QA Electronic, Brand Nasional yang Kualitasnya Rasa Internasional

Andhika Anggoro Wening
Jumat, 20 Agustus 2021 - 16:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Nuansa Merah Putih memang mendominasi perayaan Hari Kemerdekaan ke-76 Indonesia pada Selasa 17 Agustus 2021 lalu. Tidak terkecuali mic yang dipakai oleh penyanyi Andmesh Kamaleng ketika tampil pada acara Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta.

Penyanyi asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang membawakan salah satu lagunya yang berjudul Nyaman itu terlihat ditemani dengan mic berwarna merah putih.

Handheld wireless microphone yang digunakan Andmesh adalah merek QA Electronic, salah satu brand lokal yang kini banyak dipakai oleh penyanyi, enternainer, stasiun radio dan studio musik papan atas di Indonesia.

Andmesh menggunakan mic QA Electronic edisi khusus ketika tampil menghibur undangan di perayaan Hari Kemerdekaan ke-76 Indonesia.

“Surprise sih. Hasil (suara) dari QA Electronic edisi khusus ini sangat gokil, keren deh. Terima kasih untuk Mas Isro (Izzi) yang selalu men-support Andmesh,” ujar Andmesh dalam siaran pers yang diperoleh Bisnis.com.

Isro Izzi, owner QA Electronic, mengaku bangga bisa berpartisipasi dalam perayaan Hari Kemerdekan ke-76 Indonesia. “Sebagai brand lokal, tentu kami senang bisa ambil bagian dalam perayaan hari bersejarah bagi bangsa kita.”

Menurut dia, belum banyak brand lokal di bisnis professional audio termasuk pencahayaan (lighting) dan visual. “Saat ini brand asing masih menguasai pasar. Tapi, alhamdulillah, QA Electronic salah satu dari sedikit brand lokal yang mampu bersaing dengan nama-nama besar dari luar itu.”

Salah satu entertainer yang juga menggunakan mic QA Electronic adalah komedian Abdel Achrian. Komika senior ini menggunakan brand itu di Studio 9 Palapa miliknya. “Gue rasa sih QA Electronic gak kalah lah kualitasnya sama merek-merek asing.”

Isro pun meyakini handheld wireless microphone QA Electronic bakal lebih diterima pasar karena memang dirancang agar sesuai dengan suara orang Asia.

“Kami riset cukup panjang untuk hal ini. Sejak 2016 sampai 2018 kami mengembangkan teknologi audio yang benar-benar cocok dengan suara orang Asia termasuk Indonesia. Pasar merespons dengan baik brand kami. Tahun 2019, penjualan kami naik tajam,” kata Isro dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Jumat (20/8/2021).

PANDEMI

Isro mengakui pandemi Covid-19 memukul industri professional audio, lighting, dan visual. “Tahun 2020, penjualan kami melemah. Mau gimana lagi. Bisnis yang terkait dengan industri hiburan kan tiarap, sementara mereka merupakan salah satu segmentasi utama dalam bisnis professional audio.”

Meski begitu, Isro optimistis tahun depan bisnis audio dan visual akan kembali bergairah. “Bersyukur, pemerintah sepertinya mulai bisa mengendalikan pandemi. Kalau bisa bertahan seperti sekarang, tahun depan mungkin izin keramaian yang terkait dengan industri hiburan akan kembali bergairah.”

Selain QA Electonic, Isro juga meproduksi speaker RDW Professional yang bekerja sama dengan pemain utama built in power amplifier di industri loudspeaker di dunia asal Italia, Powersoft. Menurut Isro, tim perusahaan Italia itu langsung datang ke Indonesia untuk melakukan uji coba terhadap riset yang dilakukan timnya pada 2019.

“Alhamdulillah Powersoft sepakat memasok amplifier dengan software terbaru mereka untuk produk RDW Professional. Kami masih mengunggu situasi. Kalau memang kondisi sudah kondusif, kami akan segera launching.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro