Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Manfaat Cuka Apel: Turunkan Berat Badan hingga Kesehatan Jantung

Berikut 5 manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum Anda ketahui. Mulai dari menurunkan berat badan hingga kesehatan jantung.
Dinda Aulia Ramadhanty
Dinda Aulia Ramadhanty - Bisnis.com 24 Agustus 2021  |  18:13 WIB
Ilustrasi Cuka apel - boldsky.com
Ilustrasi Cuka apel - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Cuka apel atau apple cider vinegar merupakan salah satu bumbu dapur yang lazim digunakan untuk masakan. Siapa sangka cuka apel memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari menurunkan berat badan hingga kesehatan jantung.

Melansir dari PinkVilla, cuka apel merupakan hasil fermentasi gula pada jus apel. Hasil fermentasi ini yang kemudian berubah menjadi asam asetat atau bahan utama dari cuka. Cuka apel memiliki banyak akan nutrisi dan khasiat yang bermanfaat bagi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

Berikut 5 manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Menurunkan kadar gula darah
Sebuah studi menunjukkan bahwa cuka apel dapat membantu pasien diabetes secara efisien tetapi dengan hasil konsultasi dari dokter terlebih dahulu jika Anda mengonsumsi obat-obatan. Hal ini diketahui dapat meningkatkan sensitivitas dan fungsi insulin hingga 19-34 persen.

2. Menurunkan berat badan
Telah terkonfirmasi bahwa cuka apel sering menjadi bahan rekomendasi dalam penurunan berat badan karena efeknya yang meningkatkan rasa kenyang. Pada sebuah penelitian dikatakan pengonsumsian cuka apel yang teratur dapat menimbulkan perasaan kenyang lebih cepat saat makan. Kemudian hal tersebut berdampak akan mengurangi asupan kalori.

Lebih baiknya lagi, kandungan dari cuka apel hanya terdapat tiga kalori per sendok makan, sehingga tidak berkontribusi pada kandungan lemak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jantung tips sehat diet gula darah
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top