Ilustrasi pemeriksaan kesehatan. /Saint Anthony Hospital
Health

Lebih Melek Kesehatan, dari Pola Tidur sampai Memahami Bahaya Self-Diagnosis

Fajar Sidik
Senin, 30 Agustus 2021 - 13:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dewasa ini, masalah kesehatan menjadi perhatian utama masyarakat, khususnya setelah pandemi Covid-19 melanda dunia. Berbagai isu kesehatan menjadi perhatian, baik yang terkait langsung dengan pencegahan infeksi virus Corona maupun upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh, hingga isu-isu kesehatan terkait yang mendukung terciptanya kualitas kesehatan dan gaya hidup sehat.

Sebagai sumber bacaan alternatif, media baru dari Bisnis Indonesia Group, yakni Hypeabis.id menyajikan berbagai informasi kesehatan yang dapat menjadi rujukan informasi terkini seputar gaya hidup sehat baik secara fisik maupun mental.

Untuk memudahkan pembaca bisnis.com adalam mengakses sajian informasi kesehatan tersebut, berikut rangkuman beberapa laporan informasi kesehatan yang disajikan Hypeabis.id yang menarik untuk disimak.  

CARA ALAMI BIAR BISA TIDUR NYENYAK

Satu survei yang dilakukan oleh SleepScore Labs pada 2017 terhadap 25.000 orang menganalisis data dari 2 juta malam dan ditemukan bahwa 75 persen orang tidur kurang dari 7 jam setiap malam. Setengah dari peserta bahkan melaporkan menggunakan dua atau lebih alat bantu tidur seperti suplemen herbal setiap malam. Padahal ada metode alami yang bisa membantu kalian bisa tidur lelap dan berkualitas dengan beberapa tips ini.

AWAS 5 BAHAYA SELF-DIAGNOSIS

Self-diagnosis merupakan istilah yang digunakan ketika seseorang mendiagnosis penyakit yang sedang dialami berdasarkan pencarian informasi secara mandiri, yang umumnya dengan mencari informasi dari internet. Masalahnya banyak orang yang mencari tahu gejala kesehatan lewat internet, lalu percaya mentah-mentah bahwa mereka sedang mengalaminya. Padahal, apa yang ada di internet belum tentu sesuai. Jadi harus hati-hati dalam melakukan self-diagnosis dengan memerhatikan faktor-faktor berikut.

WASPADAI DISLIPIDEMIA

Dislipidemia adalah kondisi medis yang berisiko memicu penyakit kardiovaskular, di samping faktor risiko lain seperti diabetes melitus, obesitas dan hipertensi. Dislipidemia adalah kondisi di mana terjadi penumpukan lipid yang berlebihan pada pembuluh darah, terutama arteri. Kondisi itu dapat memicu terjadinya penebalan arteri. Akibatnya aliran darah di dalam arteri menjadi terhambat sehingga dapat memunculkan beragam komplikasi seperti penyakit jantung koroner dan stroke. Berikut penjelasan medi tentang bahaya dislipidemia yang harus diwaspadai.

KENALI MANFAAT LUAR BIASA PRODUK ORGANIK

Makanan organik tidak terbatas pada sayur, buah-buahan dan biji-bijian, tetapi mencakup juga protein hewani yang dikembangbiakkan secara alami serta bebas dari bahan kimia. Semua produk organik tersebut memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Yuk simak apa saja manfaat mengonsumsi pangan organik.

5 CARA EFEKTIF MEMELIHARA KESEHATAN MENTAL

Tidak banyak orang yang memiliki target untuk kesehatan mental. Padahal seperti halnya kondisi fisik, mental juga rentan akan berbagai masalah, terutama saat pandemi seperti sekarang ini. Tetapi mungkin agak bingung target apa saja yang perlu dimiliki dalam memelihara kesehatan mental. Setidaknya ada lima target berikut ini yang bisa menjadi patokan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik
Sumber : hypeabis.id
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro