Ilustrasi berkenalan secara daring./Antara
Fashion

Semua Soal Data Pribadi, dari Kencan Online sampai Pinjol

Avicenna Raksa Santana
Sabtu, 4 September 2021 - 07:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dunia hari ini semakin terdigitalisasi. Mulai dari pembelajaran, transaksi keuangan, percakapan, hingga kencan kini dilakukan secara daring. Tentu hal itu memudahkan kita, terlebih pada masa pandemi. 

Akan tetapi, di balik itu semua ada masalah keamanan yang perlu diperhatikan. Kebergantungan pada ekosistem digital membuat kendali kita terhadap data dan privasi jadi lebih rentan. Pada titik ini, kita sebagai pengguna dituntut untuk lebih berhati-hati.

Sebagai sumber bacaan alternatif, media baru dari Bisnis Indonesia Group, yakni Hypeabis.id menyajikan berbagai bahasan dan tips menyangkut teknologi, termasuk seputar keamanan menggunakan berbagai layanan digital.

Untuk memudahkan pembaca bisnis.com dalam mengakses sajian informasi teknologi tersebut, berikut rangkuman beberapa laporan Hypeabis.id yang menarik untuk disimak.

1. Ancaman Privasi di Aplikasi Dating Online

Aplikasi kencan daring atau dating apps saat ini kian populer. Makin banyak orang yang menggunakan aplikasi untuk mencari pasangan, terlebih di tengah situasi pandemi yang telah membatasi aktivitas fisik masyarakat luas. Sayangnya, ada potensi risiko di sini, salah satunya mengenai privasi. Agar terhindar, simak bahasan dan tips menghindari risiko tersebut.

2. Ancaman digital Anak pada Masa Pendididkan Jarak Jauh

Akibat pandemi yang masih berlangsung, sistem pendidikan di banyak tempat masih harus menyesuaikan diri. Salah satu bentuk yang telah berjalan adalah pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah. Kondisi ini memiliki konsekuensi terkait dengan risiko keamanan digital pada anak-anak. Seperti yang diketahui, dunia internet berisikan begitu banyak hal, yang mana beberapa di antaranya tidak aman untuk anak-anak. Untuk mengantisipasi ini, berikut bahasan soal ancaman digital pada anak selama pendidikan daring.

3. Modus-modus Penipuan Online yang Wajib Diwaspadai

Pada dasarnya, dunia digital memang memiliki banyak risiko. Namun, hal itu dapat diantisipasi jika kita memahami modus-modus penipuan yang mungkin muncul. Dalam hal ini, Hypeabis.id telah merangkum modus-modus tersebut, mulai dari phising hingga social engineering. Simak artikel 5 modus penipuan online yang marak dilakukan berikut ini.

4. Cara Mengamankan Dompet Digital

Dunia fintech beberapa tahun belakangan telah memudahkan kita dalam menyimpan uang dan bertransaksi secara daring. Selain kemudahan transaksi yang ditawarkan, dompet digital juga menawarkan berbagai macam promosi berupa diskon, cashback, atau penawaran menarik lainnya kepada para penggunanya. Namun, di balik ini ada berbagai risiko yang mengintai. Untuk itu perlu ada berbagai hal yang diperhatikan, sebagaimana yang telah dirangkum dalam tips aman menggunakan dompet digital berikut ini.

5. Ketahui Ciri-ciri Pinjol Ilegal & Cara Melaporkannya 

Dalam beberapa waktu belakangan, muncul fenomena platform pinjaman daring atau yang lebih dikenal dengan sebutan pinjol (pinjaman online). Layanan ini menyediakan dana pinjaman dengan ketentuan dan bunga tertentu. Meski dapat membantu orang, di antara berbagai layanan pinjol yang ada, tak sedikit yang bersifat ilegal. Tips ini dapat memastikan kita terhindar dari pinjol ilegal sekaligus memberitahu bagaimana melaporkannya. Baca selengkapnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Sumber : hypeabis.id
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro