Kornea mata/lasikblog.net
Health

5 Tips Mudah Meningkatkan Penglihatan Mata

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 12 September 2021 - 13:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama bertahun-tahun, kesehatan mata yang buruk telah menjadi perhatian utama di seluruh dunia.

Dengan meningkatnya penggunaan ponsel, televisi, dan gadget, saat ini penglihatan yang buruk telah muncul sebagai salah satu masalah umum. Itu tidak semua. Kita juga dapat melihat peningkatan masalah terkait mata lainnya termasuk mata kering, katarak, degenerasi makula dan banyak lagi.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 1 miliar orang di seluruh dunia memiliki gangguan penglihatan yang dapat dicegah atau yang belum ditangani. Penglihatan yang berkurang atau tidak ada dapat memiliki efek besar dan tahan lama pada semua aspek kehidupan, termasuk kehidupan sehari-hari. kegiatan pribadi, berinteraksi dengan masyarakat, sekolah dan kesempatan kerja serta kemampuan mengakses pelayanan publik.

Konsultan ahli gizi Rupali Datta menyarankan bahwa selain kesehatan kita secara keseluruhan, kita juga harus merawat mata secara khusus. Dan beberapa makanan kaya nutrisi dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dan memiliki efek positif dalam jangka panjang.

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan penglihatan mata Anda dilansir dari NDTV:

1. Makan Makanan Kaya Vitamin

Selain menyehatkan kita dari dalam, beberapa vitamin esensial juga membantu meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan. Menurut American Optometric Association, vitamin A, C dan E diketahui dapat mengurangi risiko penyakit mata tertentu termasuk katarak dan degenerasi makula. Inilah sebabnya mengapa para ahli menekankan pada penyertaan buah sitrat, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dll dalam makanan sehari-hari kita untuk kesehatan mata yang lebih baik.

2. Makan Sayuran Hijau

Pernah bertanya-tanya mengapa orang tua kita memaksa kita untuk makan sayuran kita? Itu karena daun dan sayuran sarat dengan nutrisi sehat yang membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk mata kita. Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan bahwa sayuran berdaun hijau adalah sumber yang kaya lutein, zeaxanthin, vitamin dan beta-karoten, yang dikenal untuk melindungi mata kita dari sinar UV dan radiasi.

3. Tetap Terhidrasi

Pentingnya hidrasi tidak perlu diperkenalkan secara terpisah. Para ahli menekankan bahwa seseorang harus minum cukup air setiap hari untuk menghindari dehidrasi yang mungkin memiliki efek berbahaya pada kesehatan mata kita.

4. Kelola Berat Badan

Menurut Studi Mata Beaver Dam, yang dilakukan oleh Departemen Oftalmologi, Universitas Wisconsin, Madison, obesitas juga dapat mempengaruhi kesehatan mata kita dan meningkatkan tekanan di dalam mata. Oleh karena itu, para ahli menyarankan bahwa seseorang harus menyesuaikan pola makan yang sehat untuk mengatur berat badan untuk hidup sehat.

5. Berhenti Merokok

Sebuah laporan yang diterbitkan di situs resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), "Merokok menyebabkan perubahan pada mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan." Selain itu, laporan tersebut juga menunjukkan bahwa perokok dua atau tiga kali lebih mungkin mengembangkan masalah seperti katarak, dibandingkan dengan non-perokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro