Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tips Relaksasi untuk Ibu Hamil Agar Lancar Hingga Melahirkan

Pijat prenatal memberi Anda kesempatan untuk bersantai, memejamkan mata, dan menghabiskan satu jam dari kekhawatiran Anda,  tetapi manfaat fisik dan kesehatannya juga patut dipertimbangkan.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 18 September 2021  |  02:13 WIB
Hamil - boldsky.com
Hamil - boldsky.com


Bisnis.com, JAKARTA – Terkadang ketika Anda berada dalam masa kehamilan, emosi Anda menjadi tidak stabil karena disebabkan oleh meningkatnya hormon kehamilan atau mungkin karena faktor lain seperti, stres berlebihan atau rasa tidak nyaman akibat perubahan tubuh saat hamil.
 
Pikiran dan tubuh Anda terhubung bersama. Menemukan cara untuk bersantai membantu menghilangkan rasa tidak nyaman ataupun stres dan membuat pikiran dan tubuh Anda berelaksasi.
 
Ada banyak bentuk relaksasi yang dapat berguna untuk meredakan kecemasan Anda seperti membaca, mandi, menonton TV, mendengarkan music, hingga berbincang dengan keluarga dan sahabat. Selain itu, ada juga dapat melakukan lima cara ini untuk tetap santai dan sehat hingga persalinan dan melahirkan, melansir How Stuff Works, Jumat (17/9/2021).
 
1. Yoga

Yoga prenatal mungkin salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri dan bayi Anda. Yoga membantu Anda menjaga otot Anda tetap kuat dan kencang, membantu tubuh Anda dalam mempersiapkan persalinan, dan memberi Anda kesempatan untuk menenangkan pikiran Anda dengan teknik pernapasan dan relaksasi.
 
Cari kelas di gym atau studio yoga setempat, atau lihat apakah Anda dapat bergabung dengan kelas yoga standar dengan guru yang dapat menawarkan modifikasi bila diperlukan. Anda juga dapat mencari DVD atau video online untuk latihan di rumah. Namun pastikan dokter Anda mengizinkannya.
 
2. Tidur

Mungkin ini agak terdengar aneh, namun tidur akan menjadi hal yang akan Anda rindukan setelah persalinan. Ini karena saat Anda telah melalui proses persalinan, Anda harus menyusui bayi Anda di tengah malam, memejamkan mata semalaman menjadi semakin sulit dipahami berkat perubahan bentuk tubuh Anda, kram kaki larut malam, perjalanan tanpa henti ke kamar mandi, hingga dengkuran suami Anda, yang pada akhirnya membuat Anda terjaga semalaman.
 
Tingkatkan waktu tidur selama kehamilan Anda dengan mengembangkan rutinitas sebelum tidur yang konsisten dan menenangkan, dan pastikan Anda mengambil kesempatan untuk tidur siang bila memungkinkan agar merasa lebih beristirahat sepanjang hari.
 
3. Latihan

Meluangkan waktu setiap hari untuk berjalan, peregangan, angkat besi ringan, atau aktivitas berdampak rendah seperti berenang menawarkan manfaat yang mencakup menurunkan risiko diabetes gestasional, menjaga kenaikan berat badan berlebih, dan bahkan meningkatkan kemungkinan berat lahir yang lebih sehat untuk bayi Anda.
 
Namun, seperti halnya yoga, tanyakan kepada dokter Anda untuk memastikan rutinitas pilihan Anda aman untuk Anda dan bayi.
 
4. Pijat

Pijat prenatal memberi Anda kesempatan untuk bersantai, memejamkan mata, dan menghabiskan satu jam dari kekhawatiran Anda,  tetapi manfaat fisik dan kesehatannya juga patut dipertimbangkan.
 
The American Pregnancy Association mengatakan bahwa pijat prenatal dapat “mengurangi kecemasan, mengurangi gejala depresi, meredakan nyeri otot dan nyeri sendi, serta meningkatkan hasil persalinan dan kesehatan bayi baru lahir”. Luangkan waktu Anda paling tidak satu jam untuk melakukan pijat prenatal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hamil melahirkan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top