Ilustrasi probiotik
Health

Studi: Kesehatan Usus Berperan Besar dalam Pemulihan Gangguan Tidur

Ni Luh Anggela
Senin, 20 September 2021 - 16:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penelitian baru telah menemukan cara untuk mendapatkan waktu tidur yang baik.

Prebiotik, nutrisi yang mendukung kesehatan usus, mungkin menjadi kunci untuk mengatasi jet lag dan gangguan lain pada ritme sirkadian kita, atau dikenal sebagai jam tubuh kita, menurut para peneliti dari University of Colorado Boulder.
 
Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa diet tinggi prebiotik membuat tidur lebih nyenyak. Melansir Fit and Well, Senin (20/9/2021), penelitian baru, yang didanai oleh Angkatan Laut AS, mengeksplorasi hubungan antara prebiotik dan ketahanan terhadap gangguan jam tubuh.
 
Tim tersebut melakukan percobaan pada dua kelompok tikus. Satu kelompok mengonsumsi makanan biasa dan kelompok lainnya mengonsumsi makanan yang diperkaya dengan probiotik. Hewan-hewan itu kemudian terkena delapan minggu perubahan siklus cahaya, yang dirancang untuk meniru perjalanan ke zona waktu yang berbeda dengan perbedaan 12 jam setiap minggu selama dua bulan.
 
Penelitian menemukan diet tinggi prebiotik memulihkan pola tidur lebih cepat daripada kelompok kontrol. Hasil ini konsisten dengan penelitian mereka sebelumnya tentang penggunaan prebiotik, meskipun mereka mencatat bahwa tikus diberi makan dalam jumlah berlebihan.
 
Semua ini menambah bukti yang berkembang tentang bagaimana usus mempengaruhi kesehatan kita. Penting untuk diketahui bahwa prebiotik, karbohidrat yang tidak dapat dicerna yang memberi makan bakteri usus Anda, berbeda dari probiotik, yang memasukkan bakteri baru ke dalam usus Anda.
 
Tetapi untungnya, Anda tidak perlu pergi dan membeli puluhan yogurt probiotik untuk mendukung ekosistem ini. Pasalnya, Anda dapat menemukan prebiotik dalam berbagai makanan termasuk:

· Sayuran: sawi putih, bawang putih, bawang merah, daun bawang, asparagus, bit, bohlam adas, kacang hijau, kacang polong salju, jagung manis, kubis savoy.
 
· Kacang-kacangan: buncis, lentil, kacang merah, kacang panggang, kedelai
 
· Buah: apel custard, nektarin, persik putih, kesemek, tamarillo, semangka, rambutan, jeruk bali, delima, buah kering seperti buah ara atau kurma
 
· Roti, sereal atau makanan ringan: barley, roti gandum hitam, biskuit gandum hitam, pasta, gnocchi, couscous, dedak gandum, roti gandum, gandum, kacang mete, kacang pistachio
 
Bekerja sama dengan Angkatan Laut AS, para peneliti berharap bahwa suatu hari nanti mungkin saja mengonsumsi suplemen prebiotik khusus untuk membantu Anda mengembalikan jam tubuh ke jalurnya. Sampai itu menjadi kenyataan, ada banyak cara agar Anda dapat mengatur tidur Anda untuk istirahat yang lebih baik saat ini.
 
Ada bukti bahwa olahraga berat dapat mengimbangi efek kurang tidur, jadi ada baiknya melakukan beberapa latihan terbaik untuk otot perut untuk memperbaiki beberapa kerusakan. Jika Anda menghabiskan waktu dengan gelisah dan terjaga di tempat tidur, pertimbangkan beberapa trik untuk mengajari tubuh Anda tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro