Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Manfaat Ajaib Baking Soda Bagi Kesehatan

Baking soda digunakan sebagai bahan di beberapa merek pasta gigi, karena senyawa tersebut terbukti meningkatkan kesehatan mulut.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 24 September 2021  |  08:37 WIB
Baking soda - Doctoroz
Baking soda - Doctoroz

Bisnis.com, JAKARTA - Bubuk baking soda sering ditemukan di dapur dan digunakan untuk bahan membuat kue. Bubuk ini juga ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Mengutip dari Very Well Fit, Jumat (24/9/2021), berikut manfaat baking soda bagi kesehatan tubuh:

  1. Meningkatkan performa atletik

Penelitian telah menunjukkan menggunakan suplemen natrium bikarbonat dapat membantu menciptakan efek peningkatan kinerja.

Sebuah tinjauan dari Journal of Sports Science & Medicine menemukan bahwa suplemen dapat mengurangi asidosis selama olahraga, yakni kondisi di mana Anda terlalu banyak memiliki asam dalam cairan tubuh.

Selain itu, suplemen ini terbukti secara signifikan meningkatkan kinerja atletik hingga 3 persen pada perenang dan pengendara sepeda.

Suplemen ini memodifikasi penyangga darah, mempengaruhi pemecahan phosphocreatine, berdampak pada akumulasi laktat, dan mempengaruhi distribusi asam amino dan lemak, yang semuanya berkontribusi untuk meningkatkan kinerja olahraga.

  1. Meringankan sakit lutut dan arthritis

Natrium bikarbonat dapat memberikan bantuan jangka pendek dari osteoarthritis lutut.

Dalam 3 bulan, uji klinis double-blind, dengan pasien yang didiagnosis dengan osteoarthritis, para peneliti menemukan bahwa suntikan natrium bikarbonat secara signifikan meningkatkan gejala setelah 3 bulan.

  1. Meningkatkan kesehatan mulut

Anda bisa menemukan baking soda sebagai bahan dalam beberapa merek pasta gigi, karena senyawa tersebut terbukti meningkatkan kesehatan mulut.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dental Hygiene International mempelajari khasiat pasta gigi dengan dan tanpa baking soda untuk mengendalikan plak. Para peneliti menemukan hasil yang menjanjikan untuk menghilangkan plak dengan pasta gigi yang mengandung baking soda.

  1. Membantu pencernaan

Selain itu, baking soda juga dapat membantu menetralkan asam dan mengurangi kondisi kesehatan pencernaan, seperti refluks asam dan mulas.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum air dengan baking soda secara perlahan dapat membantu menetralkan asam lambung dan mengembalikan keseimbangan pH tubuh.

  1. Meringankan rasa sakit dan gatal

National Eczema Association mengatakan bahwa 1/4 cangkir baking soda di bak mandi Anda atau mengoleskannya langsung pada kulit dengan campuran air dan baking soda, dapat membantu meredakan gatal akibat gigitan serangga.

FDA menyarankan menggunakan pasta soda kue untuk meredakan gatal dan iritasi kulit. Sementara John Hopkins Medicine mengatakan bahwa untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat sengatan lebah, oleskan pasta baking soda dan air pada sengatan selama 15 hingga 20 menit.

Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif, baking soda bisa menyebabkan kemerahan, terbakar, dan iritasi umum. Untuk itu, konsultasikanlah dengan dokter apakah Anda dapat menggunakan produk ini pada kulit Anda.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kue sikat gigi pencernaan
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top