Jam tangan antik Asprey diperlihatkan kepada media Kamis (7/11/2018) sebelum dilelang di rumah lelang Sotheby, Swiss./Reuters-Denis Balibouse
Fashion

Mengapa Orang Rela Beli Jam Tangan Meski Harga Selangit? Ternyata Ini Alasannya

Dewi Andriani
Sabtu, 2 Oktober 2021 - 18:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kebutuhan akan penggunaan jam tangan saat ini bukan hanya sekadar untuk penunjuk waktu semata. Lebih dari itu, sikap menghargai momen yang menjadi dasar utama seseorang memiliki jam tangan.

Momen dalam gaya hidup, momen fesyen atau momen merepresentasikan status sosial atau untuk keperluan investasi juga menyiratkan seseorang mengoptimalkan momen dalam sebuah jam tangan.

Selain itu, dengan menggunakan jam tangan, pemakai memiliki akses prioritas atas kendali waktu langsung dari pergelangan tangan tanpa harus sibuk mencari waktu di telepon genggam atau peralatan lainnya.

Sangat lumrah jika pemilik jam tangan tetap merawat jam miliknya walaupun mungkin modelnya sudah tidak sesuai zaman atau keadaan fisik yang tidak sempurna lagi.

Lantas, apa saja yang menjadi pertimbangan seseorang tetap menggunakan jam tangan bahkan rela membelinya dalam harga yang tinggi serta bagaimana cara mereka menikmati jam yang mereka miliki? Berikut disampaikan oleh Hendra Kesuma, CEO dari Radatime.

1. Nilai Estetika
Detail adalah hal yang paling penting di sebuah jam tangan. Cukup satu goresan saja maka pembelian jam tangan pun bisa terancam batal. Sebuah aksesoris dengan level standar tinggi estetika yang tanpa toleransi adalah jam tangan.

Hal yang paling menarik dalam jam tangan adalah keindahan estetikanya. Dari perpaduan warna hingga material; arsitektur hingga kesempurnaan konstruksi simetris; serta kecocokan di pergelangan tangan yang membuat pemakai merasa nyaman dan percaya diri.

2.  Kesempurnaan Konstruksi Mikro
Jam tangan pantas mendapat label sebagai konstruksi mikro paling sempurna yang pernah ada. Ukuran komponen jam tangan umumnya memiliki satuan panjang milimeter atau 0.001 meter.

Roda (gear) jam tangan dan komponen lain yang berukuran milimeter harus memiliki kesempurnaan dalam konstruksi dan sinergi. Sehingga jam tangan bisa berfungsi dengan baik dalam berbagai medan seperti goncangan, air, temperatur dan lain sebagainya.

Diperlukan keahlian tinggi dan akurasi sempurna untuk menciptakan sebuah jam tangan berkualitas. Oleh sebab itu, menikmati konstruksi jam tangan adalah ibarat menikmati sebuah pabrik sempurna dalam ukuran mini.

3. Mahakarya Sempura
Mengamati jalannya jam tangan bisa memberi sebuah visualisasi bahwa kita sebenarnya memiliki waktu yang berlimpah. Detik demi detik perjalanan waktu yang ditampilkan oleh sebuah jam adalah porsi yang tepat bagi setiap orang untuk mencapai tujuan hidupnya masing-masing.

"Mengamati sebuah mahakarya dengan komponen-komponen sempurna yang bekerja sama untuk menghasilkan sebuah waktu adalah sebuah kenikmatan tersendiri yang berharga," ujarnya.

4. Miliki Kendali Atas Waktu
Jam tangan yang cocok umumnya dipakai bertahun-tahun bahkan sampai generasi selanjutnya. Terasa menyatu dengan pemakai sehingga jam tangan juga disebut sebagai ekstensi (perpanjangan) dari tubuh manusia. Dengan adanya jam di pergelangan tangan, persiapan diri terasa lengkap dalam beraktivitas karena memiliki kendali atas waktu.

5.  Nilai Emosional
Jam tangan lebih memiliki nilai emosional dibanding dari sisi rasional. Memori dari momen-momen penting akan tercetus setiap kali mengenang jam tangan yang telah dipakai lama.

Momen-momen penting yang terjadi dalam perjalanan hidup akan tercatat dalam jam tangan. Cukup lumrah kami mendengar pelanggan bercerita bahwa jam tangan miliknya akan tetap dirawat karena telah menemani perjalanan hidupnya.

"Waktu adalah hal yang paling berharga di hidup ini. Perjalanan produsen memproduksi penunjuk waktu (jam) tidak pernah berhenti biarpun dipandang sudah mencapai level irasional atau tidak logis," jelasnya

Dia mencontohkan jam yang memiliki kerumitan 57 fungsi dari Vacheron Constantine dibanderol dengan harga di atas US$5juta atau di atas Rp70 milyar (kurs 1USD = Rp14.000).

Dari sisi pengguna jam tangan, selain untuk keperluan fesyen, gaya hidup dan status, memiliki sebuah jam tangan adalah sebuah motivasi untuk menghargai waktu dalam melewati momen-momen yang bermakna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro