Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selain Kalsium, 5 Nutrisi Ini Penting untuk Meningkatkan Kepadatan Tulang Lho

Berikut lima nutrisi lainnya selain kalsium yang bisa meningkatkan kepadatan tulang manusia
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 07 Oktober 2021  |  14:57 WIB
Vitamin K
Vitamin K

Bisnis.com, JAKARTA – Menjaga kesehatan tulang sejak dini sangat penting dilakukan untuk mencegah risiko cedera dan osteoporosis di masa depan. Anda dapat menjaga kesehatan tulang dengan cara mengonsumsi beraneka jenis sayuran, olahraga rutin, serta menghentikan kebiasaan merokok dan minum minuman alkohol. Selain itu, mengonsumsi suplemen kalsium juga dapat menjaga kesehatan tulang Anda.
 
Kalsium merupakan salah satu mineral yang membantu meningkatkan kepadatan tulang dan kekuatan tulang. Sejak kecil, kita diberikan makanan kaya kalsium seperti susu dan suplemen kalsium untuk memperkuat tulang. Namun, jika Anda berpikir  kalsium adalah satu-satunya mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang, Anda salah besar.
 
Beberapa nutrisi lain sama-sama diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Bersama-sama mineral ini meningkatkan kepadatan tulang Anda dan menjaganya tetap sehat bahkan ketika Anda menjadi tua.
 
Lalu apa saja nutrisi selain kalsium yang diperlukan untuk meningkatkan kepadatan tulang Anda? Berikut lima nutrisi lainnya selain kalsium, melansir Times of India, Selasa (5/10/2021).

1. Protein

Protein sangat penting untuk pertumbuhan sel dan regenerasi sel. Fungsi penting lainnya dari protein adalah mempertahankan peningkatan massa tulang yang optimal selama pertumbuhan dan menjaga massa tulang dan otot seiring bertambahnya usia.
 
Protein membentuk sekitar 50 persen dari volume tulang dan sepertiga dari massanya. Asupan protein yang cukup juga dapat mengurangi risiko patah tulang dan pengeroposan tulang.

2. Magnesium

Selain bertanggung jawab untuk mengaktifkan lebih dari 300 reaksi dalam tubuh Anda, magnesium juga penting untuk kesehatan tulang karena sekitar 60 persen mineral ini ditemukan di jaringan tulang.
 
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi magnesium dalam jumlah lebih tinggi melalui diet mereka memiliki kepadatan massa tulang yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi magnesium lebih rendah. Itu membuat magnesium penting untuk kesehatan tulang dan penting untuk mengurangi risiko osteoporosis

3. Vitamin K

Terlepas dari kebutuhannya untuk penyakit jantung, diabetes dan kanker, ada satu alasan lagi untuk menambahkan lebih banyak makanan kaya vitamin K ke dalam diet Anda, yaitu untuk menjaga kesehatan tulang Anda.
 
Mereka bertanggung jawab untuk mengaktifkan protein yang memainkan peran penting dalam pembekuan darah dan metabolisme kalsium. Ini mengatur deposisi kalsium pada tulang. Selain itu, vitamin K juga mencegah akumulasi kalsium di jaringan lunak dengan mengaktifkan protein lain yang disebut matriks GLA.

4. Vitamin D

Vitamin yang dapat Anda peroleh dari sinar matahari ini juga diperlukan untuk meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga kesehatan tulang. Mereka membantu dalam penyerapan kalsium dan mempertahankan jumlah nutrisi yang cukup dalam darah. Ketika kadar kalsium Anda rendah dalam darah, nutrisi ini mulai menyerapnya dari makanan yang Anda makan atau mengambilnya dari tulang.

5. Vitamin C

Tahukah Anda bahwa vitamin C juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang? Sebuah studi review yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa, vitamin C dapat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, reabsorpsi, dan pencegahan osteoporosis.
 
Vitamin C bertanggung jawab untuk produksi kolagen dalam matriks tulang. Ini juga mengais radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tulang. Selain itu, vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tulang kalsium
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top