Brokoli
Health

Brokoli, Si Sayuran Hijau Pencegah Gejala Hipertensi

Jessica Gabriela Soehandoko
Kamis, 23 September 2021 - 15:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tekanan darah tinggi juga dikenal sebagai hipertensi.

Penyakit hipertensi ini cukup berbahaya dikarenakan kurangnya gejala dan memiliki konsekuensi yang parah.

Menurut British Heart Foundation, tekanan darah tinggi memengaruhi lebih dari 14 juta orang dewasa di Inggris dan diperkirakan lima juta orang dewasa tidak mengetahuinya.

Blood Pressure UK juga mengatakan bahwa satu dari tiga orang dewasa di Inggris memiliki tekanan darah tinggi dengan gejala yang sedikit.

Selain itu, jika hipertensi tidak diobati, tekanan darah dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Lalu cara terbaik untuk mencegah tekanan darah yang tinggi adalah menerapkan gaya hidup yang sehat, salah satunya adalah dengan mengonsumsi sayuran seperti brokoli.

Brokoli penuh dengan folat, fitoestrogen, vitamin C, kalsium, kalium dan magnesium yang dapat membantu menjaga tekanan darah Anda turun.

Bahkan dari hasil studi terhadap hampir 200.000 orang, menunjukkan makan empat porsi brokoli seminggu secara signifikan menurunkan tekanan darah Anda, dibandingkan dengan mereka yang hanya makan satu porsi sebulan atau kurang.

Anda dapat mengonsumsi brokoli setiap hari dengan cara mengukusnya sebentar, sehingga masih memberikan tekstur renyah. Anda juga dapat mengonsumi secara mentah jika ingin mendapatkan semua nutrisinya.

Jika Anda masih belum terbiasa, Anda juga bisa mengonsumsinya dengan dimasak di dalam kari, atau tambahkan ke telur dadar.

Pastikan Anda juga mengontrol dan mengecek tekanan darah Anda. Jika Anda seorang perokok, memiliki berat badan yang berlebih, dan memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung, Anda harus memeriksakan tekanan darah Anda setidaknya setahun sekali.

Sedangkan jika Anda berumur di atas 40 tahun, National Health Service menyarankan untuk memeriksakan tekanan darah Anda oleh dokter umum setiap lima tahun sekali.

Dengan menjaga gaya hidup dengan baik dan mengonsumsi makanan yang efektif, maka tekanan darah Anda akan menjadi turun dan memeroleh hidup yang lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro