Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspada! 8 Gejala Batu Ginjal, Cek Kondisi Anda Sekarang!

Simak 8 tanda atau gejala batu ginjal. Cek kondisi tubuh Anda sekarang dan jangan anggap enteng!
1

Tanda dan gejala batu ginjal lainnya, cek nih!

Ilustrasi demam - istimewa
Ilustrasi demam - istimewa

5. Urine keruh atau berbau

Urin yang sehat jernih dan tidak berbau menyengat. Urin yang keruh atau berbau busuk bisa menjadi tanda adanya infeksi pada ginjal atau bagian lain dari saluran kemih Anda.

Kekeruhan merupakan tanda adanya nanah dalam urin atau piuria. Bau tersebut bisa berasal dari bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Bau juga bisa berasal dari urin yang lebih pekat dari biasanya.

6. Urin sedikit

Batu ginjal yang besar terkadang tersangkut di ureter. Penyumbatan ini dapat memperlambat atau menghentikan aliran urin.

Jika Anda memiliki penyumbatan, Anda mungkin hanya buang air kecil sedikit setiap kali Anda pergi. Aliran urin yang berhenti sepenuhnya adalah keadaan darurat medis.

7. Mual dan muntah

Orang dengan batu ginjal berpotensi mengalami mual dan muntah. Kondisi ini juga bisa menjadi cara tubuh Anda merespons rasa sakit yang hebat.

Gejala-gejala ini terjadi karena koneksi saraf bersama antara ginjal dan saluran GI. Batu di ginjal dapat memicu saraf di saluran pencernaan, memicu sakit perut.

8. Demam dan kedinginan

Demam dan kedinginan merupakan tanda bahwa Anda memiliki infeksi di ginjal atau bagian lain dari saluran kemih Anda. Ini bisa menjadi komplikasi serius pada batu ginjal.

Deman dan kedinginan juga bisa menjadi pertanda masalah serius lainnya selain batu ginjal. Setiap demam dengan rasa sakit memerlukan perhatian medis yang mendesak.

Demam yang terjadi dengan infeksi biasanya tinggi, bisa mencapai 38 derajat celcius atau lebih. Kondisi menggigil sering terjadi bersamaan dengan demam.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ginjal tips sehat Gejala Penyakit
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top