Karyawan menunjukan dolar AS di Jakarta, Rabu (3/3/2021). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Relationship

Rahasia Menjadi Kaya Raya

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 12 Oktober 2021 - 19:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda memikirkan kesamaan apa yang dimiliki kebanyakan miliarder dan orang jenius?

Bukan pikiran aneh mereka.  Bill Gates, Elon Musk, Jeff Bezos, dan banyak miliarder lainnya bekerja keras siang dan malam untuk membangun perusahaan masing-masing dari awal hingga seperti sekarang ini.

Mereka adalah inspirasi bagi semua. Tapi apa satu hal istimewa yang membuat mereka tidak biasa? Tidak lain adalah spesialisasi.

Dilansir dari Times of India, semua orang punya mimpi. Baik itu menjadi pembalap supercar atau blogger perjalanan, imajinasi kita melebihi skenario normal. Pikiran manusia hampir tidak tetap fokus pada satu hal, jadi, kita semua cenderung beralih ke bidang yang berbeda, mencari sesuatu yang benar-benar kita sukai dan akan menguntungkan kita dalam jangka panjang.

Bahkan jika Anda pandai dalam banyak hal, fokus pada semua aspek pada saat yang sama mengurangi kemampuan Anda untuk berkonsentrasi dan menjadi produktif.

Daripada bermmpi akan segalanya, pilihlah satu mimpi besar yang ingin Anda raih, di mana Anda secara khusus tertarik.

Masukkan itu dalam pikiran Anda, kerjakan dan kejar semaksimal mungkin.

Anda harus bekerja keras untuk mencapai tujuan Anda menjadi sukses dan kaya. Tetapi Anda tidak dapat melakukannya sambil bekerja dan fokus pada banyak pekerjaan pada saat yang bersamaan.

Seperti disebutkan di atas, sebagian besar miliarder telah mengerahkan semua upaya, energi, dan sumber daya mereka ke dalam satu perusahaan, menjadikannya lebih besar dari sebelumnya. Demikian pula, Anda juga dapat mencapai kehebatan jika Anda mencurahkan semua keringat dan darah untuk berfokus pada spesialisasi Anda. Dan itulah rahasia besar.

Sementara itu, ada juga tips menjadi kaya raya seperti dilansir Forbes berikut ini :

1. Jangan membelanjakan uang untuk aset yang menyusut

Aset terdepresiasi terbesar yang paling banyak dihabiskan orang adalah kendaraan. Sangat menggoda untuk membeli kendaraan mewah bermerek yang indah dan terisi penuh yang akan dikenakan biaya hampir enam digit, jika tidak lebih. Namun, uang itu akan lebih baik diinvestasikan dan memberi Anda pengembalian atas investasi itu.

2. Jangan pernah menghabiskan lebih banyak uang daripada yang dihasilkan

Sangat menggoda untuk mengikuti keluarga Jones dan menghabiskan uang untuk gadget, barang mewah yang tidak memiliki nilai, dan "barang" yang tidak Anda butuhkan, tetapi jika Anda menghabiskan lebih banyak uang daripada yang Anda hasilkan, itu akan menumpuk hutang, dan hutang membutuhkan uang untuk dibawa. Uang Anda akan lebih baik melayani Anda diinvestasikan di mana ia membayar kembali.

3. Investasi berbunga

Ketika Anda menginvestasikan uang Anda dan mendapatkan bunga di atas bunga, uang Anda akan tumbuh dan bertambah.

4. Berinvestasi dalam pendidikan keuangan

Ketika Anda berinvestasi pada diri sendiri dan belajar bagaimana mengelola uang Anda, laba atas investasi itu tidak akan terukur, asalkan Anda menerapkan apa yang telah Anda pelajari.

Akan ada pengembalian investasi yang tinggi selama bertahun-tahun yang akan datang ketika Anda menggunakan keterampilan keuangan yang telah Anda pelajari untuk mengelola uang Anda dengan lebih baik.

5. Investasikan dan lacak kekayaan bersih Anda

Lacak kekayaan bersih Anda adalah cara terbaik untuk mengukur kekayaan Anda. Kekayaan bersih Anda = semua aset Anda (apa yang Anda miliki) dikurangi semua kewajiban Anda (apa yang Anda berutang). Semakin tinggi jumlah kekayaan bersih Anda, semakin kaya Anda. Kekayaan Anda terletak pada aset yang Anda miliki, seperti investasi, aset seperti properti sewaan, dan apa pun yang Anda miliki yang memiliki nilai untuk waktu yang lama.

6. Atur perilaku Anda seputar uang

Bagaimana Anda membelanjakan, menyimpan, dan mengelola uang Anda akan menentukan seberapa kaya atau akan jadinya Anda. Salah satu benang merah antara orang yang paling kaya adalah bahwa mereka tidak mencolok tentang hal itu. Mereka memiliki jumlah uang yang luar biasa tetapi tidak sering terlihat berlibur di kapal pesiar paling mahal, mengenakan pakaian mencolok, atau menjalani gaya hidup yang berlebihan. Simak baik-baik gaya hidup Warren Buffet.

7. Susun rencana untuk sukses

Memiliki rencana sejauh ini adalah rahasia terpenting dari semuanya. Tujuan tanpa rencana hanyalah sebuah keinginan, jadi untuk mencapai tujuan keuangan Anda, Anda perlu merencanakan investasi Anda. Saat Anda merencanakan dan memetakan tujuan Anda, lebih mudah untuk mengukur hasil Anda terhadap tujuan Anda dan meminta pertanggungjawaban diri Anda sendiri. Memiliki rencana membuat tujuan Anda dapat ditindaklanjuti.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro