Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Studi Terkini Sebut Booster Vaksin Sinovac Efektif Lawan Covid-19

Juru bicara Sinovac, Liu Peicheng, mengatakan orang yang menerima dosis ketiga CoronaVac dapat terlindungi lebih baik dari infeksi dan risiko rawat inap.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Oktober 2021  |  17:06 WIB
Studi Terkini Sebut Booster Vaksin Sinovac Efektif Lawan Covid-19
Vaksin Sinovac. - Antara

Bisnis.com, SOLO - Studi terbaru menunjukkan bahwa efektivitas perlindungan dari suntikan booster menggunakan vaksin Sinovac atau CoronaVac meningkat secara signifikan terhadap Covid-19 dan risiko rawat inap.

Diketahui, efektivitas terhadap infeksi simtomatik meningkat dari 56 persen menjadi 80,2 persen, sedangkan pencegahan rawat inap meningkat dari 84 persen menjadi 88 persen.

Adapun studi itu sendiri dilakukan di Chili. Sekitar 140.000 dari populasi di sana saat ini telah divaksinasi dengan CoronaVac sebagai booster.

Lalu, hasil perlindungan dievaluasi 14 hari setelah menerima dosis ketiga vaksinasi guna memantau efektivitas terhadap infeksi dan rawat inap akibat Covid-19.

"Hasil ini mengkonfirmasi bahwa orang yang menerima dosis ketiga CoronaVac dapat terlindungi lebih baik dari infeksi dan risiko rawat inap. Hasil ini seiring dengan studi Fase III Sinovac dan studi dunia nyata dari negara dan wilayah lain yang terus menekankan CoronaVac sebagai vaksin yang dapat ditoleransi dengan baik, aman, dan efektif," kata Liu Peicheng, juru bicara Sinovac melalui keterangan resminya pada Rabu (13/10/2021).

Sementara itu, hasil dari sejumlah studi berskala besar sebelumnya di Chili menunjukkan bahwa dua dosis CoronaVac memberikan perlindungan yang signifikan terhadap infeksi Covid-19, rawat inap disebabkan Covid-19, penyakit parah, dan kematian.

Dua dosis CoronaVac tersebut terbukti memberikan 56 persen efikasi terhadap infeksi dan 84 persen terhadap rawat inap sehingga membantu melindungi masyarakat Chili dari Covid-19.

Lepas dari itu, dalam konferensi pers pada Kamis (7/10/2021), Presiden Piñera dari Chili menyatakan bahwa semua vaksin Covid-19 yang digunakan di Chili terbukti aman, efektif, secara signifikan mengurangi infeksi dan rawat inap di rumah sakit, serta menyelamatkan banyak nyawa.

Ia mengatakan, hasil penelitian yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan sangat memberikan harapan dan membuktikan penerapan vaksinasi booster sangat efektif dalam menurunkan angka kejadian dan rawat inap akibat Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sinovac Vaksin Covid-19 CoronaVac booster vaksin

Sumber : Antara

Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top