50 Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menerima vaksinasi dosis ketiga atau booster menggunakan vaksin Moderna/Twitter Kemenkes RI
Health

WHO Rekomendasikan Dosis Ketiga Vaksin Covid-19 untuk Orang-orang pada Kategori Ini

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 12 Oktober 2021 - 09:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penasihat vaksin Organisasi Kesehatan Dunia pada hari Senin (11 Oktober) merekomendasikan orang dengan sistem kekebalan yang lebih lemah harus diberikan dosis tambahan dari semua vaksin Covid-19 yang resmi.

Kelompok Penasihat Strategis Ahli Imunisasi (SAGE) badan kesehatan PBB juga mengatakan orang berusia di atas 60 tahun yang telah diimunisasi penuh dengan vaksin Sinovac dan Sinopharm China harus diberikan dosis vaksin Covid-19 ketiga tambahan.

Para ahli menekankan bahwa mereka tidak merekomendasikan booster untuk orang sehat pada umumnya.

Beberapa vaksin Covid-19 telah diberikan persetujuan WHO untuk penggunaan darurat selama pandemi: Pfizer-BioNTech, Janssen, Moderna, Sinopharm, Sinovac dan AstraZeneca.

SAGE mengadakan pertemuan empat hari minggu lalu untuk meninjau informasi dan data terbaru tentang berbagai vaksin untuk Covid-19 dan penyakit lainnya.

"SAGE merekomendasikan bahwa orang dengan gangguan kekebalan sedang dan berat harus ditawari dosis tambahan dari semua vaksin Covid-19 WHO EUL (daftar penggunaan darurat) sebagai bagian dari seri primer yang diperpanjang," kata kelompok itu dilansir dari The Star dan SCMP.

"Kelompok orang-orang ini cenderung tidak merespon secara memadai terhadap vaksinasi mengikuti seri vaksin primer standar dan berisiko tinggi terkena penyakit Covid-19 yang parah."

Dikatakan juga bahwa untuk orang yang diimunisasi penuh dengan vaksin Sinovac dan Sinopharm, dosis ketiga tambahan dari suntikan yang sama "harus diberikan kepada orang berusia 60 tahun ke atas".

Vaksin yang berbeda "juga dapat dipertimbangkan berdasarkan pasokan vaksin dan pertimbangan akses".

SAGE menambahkan bahwa ketika menerapkan rekomendasi ini, negara-negara pada awalnya harus memaksimalkan kecukupan dua dosis pada populasi tersebut, dan kemudian memberikan dosis ketiga, dimulai pada kelompok usia tertua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro