Ilustrasi perempuan mengalami sakit kepala atau migrain/Freepik.com
Health

10 Makanan Penyebab Migrain

Annasa Rizki
Jumat, 15 Oktober 2021 - 20:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak hal yang bisa memicu migrain, termasuk apa yang kita makan dan minum. 

Menurut Migraine Research Foundation, makanan yang memicu migrain hanya bisa terjadi jika dikombinasikan dengan pemicu lainnya. Tidak ada pemicu migrain secara pasti, tetapi ada beberapa pemicu umum yang dapat menyebabkan migrain pada beberapa orang. 

Berikut ini 10 makanan dan minuman yang dapat menyebabkan migrain, dilansir dari Healthline, Jumat (15/10/2021):

1. Kafein

Terlalu banyak kafein akan menyebabkan migrain maupun sakit kepala. Pada kadar yang cukup, kafein dapat membantu meredakan migrain. Makanan yang mengandung kafein antara lain kopi, teh, dan cokelat.

2. Pemanis Buatan

Makanan yang mengandung pemanis buatan dapat menyebabkan migrain. Kandungan aspartam menjadi penyebab timbulnya migrain. 

3. Alkohol

Produk ini merupakan penyebab umum migrain. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi sehingga menimbulkan sakit kepala. 

4. Cokelat

Menurut American Migraine Foundation, cokelat menjadi penyebab migrain kedua setelah alkohol. Cokelat mengandung kafein dan beta-phenylethylamine yang dapat menyebabkan sakit kepala pada sebagian orang.

5. Makanan yang Mengandung MSG

Monosodium glutamat (MSG) atai dikenal dengan mecin adalah garam natrium dari asam glutamat, yang secara alami ada dalam tubuh kita. 

MSG ditemukan dalam makanan tertentu, dan hadir dalam banyak makanan sebagai aditif makanan. Ini dianggap aman untuk dimakan, tetapi beberapa peneliti menghubungkannya dengan serangan migrain. 

American Migraine Foundation mencatat bahwa hal itu dapat memicu migrain parah pada 10 hingga 15 persen dari mereka yang menderita migrain. Pengawet lain juga bisa menjadi pemicu pada beberapa orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro