Ada berbagai teknik dan perilaku gaslighting yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari/boldsky.com
Health

Mengenal Apa itu Gaslighting? Ini Perilaku dan Teknik Gaslighting yang Sering Terjadi

Annasa Rizki
Senin, 1 November 2021 - 18:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Berawal dari film Gaslight pada 1944, istilah gaslighting mulai muncul berdasarkan cerita dalam film tersebut. Dalam film tersebut berisi tentang seorang suami memanipulasi istrinya agar sang istri berpikir dia memiliki penyakit mental. Hal itu dilakukan sang suami dengan cara meredupkan lampu tanda bahan bakar dan mengatakan bahwa istrinya berhalusinasi. 

Melansir dari Medical News Today, Senin, 1 November 2021, apa itu gaslighting? Gaslighting adalah bentuk pelecehan psikologis di mana seseorang atau kelompok membuat seseorang mempertanyakan kewarasan, realitas, dan ingatannya. Individu yang mengalami gaslighting kerap merasa bingung, cemas, dan tidak mempercayai diri sendiri. 

Perilaku Gaslighting

Gaslighting juga berkembang secara bertahap sehingga sulit dideteksi. Simak beberapa teknik perilaku yang  kerap digunakan seseorang untuk melakukan gaslighting: 

1. Countering/Membantah 

Teknik ini membuat seseorang mempertanyakan ingatannya. Pelaku gaslighting mungkin menanyakan hal seperti “Kamu tidak pernah mengingat sesuatu secara akurat”, atau “Kamu yakin? Ingatanmu kan buruk.”

2. Withholding/Memotong Percakapan 

Beberapa orang mungkin menolak untuk terlibat dalam percakapan. Orang tersebut akan melakukan withholding dengan berpura-pura tidak mengerti sehingga tidak perlu menanggapi. Memotong percakapan seperti, “Saya tidak tahu apa yang kamu bicarakan,” atau “Omongan kamu bikin bingung,” sering dilakukan seseorang untuk gaslighting. 

3. Trivializing/Meremehkan 

Orang dapat dikatakan gaslighting ketika dia meremehkan orang lain atau mengabaikan perasaan orang lain. Pelaku gaslighting akan menuduh seseorang terlalu sensitif atau bereaksi berlebihan ketika mereka memiliki kekhawatiran dan keresahan.

4. Denial/Penolakan 

Seseorang akan berpura-pura melupakan peristiwa atau bagaimana peristiwa itu terjadi. Orang tersebut akan menyangkal atau menuduh bahwa seseorang mengada-ada. 

5. Diverting/Mengalihkan

Melalui teknik ini seseorang mengubah fokus diskusi dan mempertanyakan kredibilitas orang lain. Contoh ucapan yang dilontarkan seperti, “Itu hanya ide gila dari temanmu.”

6. Stereotip

Teknik gaslighting dapat dengan sengaja menggunakan stereotip negative tentang jenis kelamin, ras, etnis, seksualitas, kebangsaan, atau usia seseorang untuk memanipulasinya. Misalnya, mereka mungkin memberi tahu seorang wanita bahwa orang akan berpikir dia tidak rasional atau gila jika dia mencari bantuan untuk pelecehan.

Siapapun dapat mengalami gaslighting karena sangat umum terjadi dalam interaksi sosial dan suatu hubungan pasangan. Seseorang yang menerima perilaku ini dapat disebut dengan pelecehan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro