Vitamin
Health

Ini Jenis Vitamin C Terbaik Rekomendasi Ahli Diet

Ni Luh Anggela
Selasa, 2 November 2021 - 14:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Vitamin C merupakan antioksidan terbaik yang dikenal memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengonsumsi vitamin C juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyerap zat besi, mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi risiko demensia, dan dapat membuat tubuh Anda lebih siap untuk melawan virus dan patogen lainnya.
 
Menurut sebuah penelitian  tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Community Health, subjek penelitian dengan kadar vitamin C yang lebih tinggi dalam aliran darah mereka lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena penyakit jantung, kanker, dan lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena sebab apapun.
 
Namun, tidak semua suplemen vitamin C diciptakan sama dalam hal kemampuannya untuk diserap atau efek sampingnya.
 
Vitamin C liposomal adalah bentuk vitamin C yang dikemas dalam liposom, yang merupakan vesikel buatan kecil berbentuk bola yang terbentuk dari fosfolipid atau kolesterol, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Nanoscale Research Letters, melansir Eat This, Selasa (2/11/2021).
 
Liposom bertugas untuk melindungi vitamin C dari asam pencernaan dan enzim yang mungkin memecahnya di dalam saluran pencernaan.
 
Penulis Nanoscale Research Letters menjelaskan, pelindung atau penghalang fosfolipid pelindung ini tetap tidak rusak sampai isi liposom dikirim ke kelenjar, organ, atau sistem target yang tepat di mana isinya akan digunakan.
 
Bagaimana vitamin C liposomal dibandingkan dengan suplemen vitamin C standar?
Alicia Galvin, RD, ahli diet terdaftar di Sovereign Laboratories mengatakan vitamin C jenis khusus ini perlu untuk dikonsumsi.
 
Galvin menjelaskan, tantangan khas dengan suplemen vitamin C adalah bioavailabilitas yang buruk dan iritasi lambung ketika ditambahkan dalam dosis yang lebih tinggi dalam waktu yang terbatas. Di sisi lain, vitamin C liposomal lebih tersedia secara hayati daripada vitamin C standar Anda dari suplemen.
 
“Dengan suplemen vitamin C dan makanan kaya vitamin C, sebenarnya jumlah vitamin C yang diserap tubuh cukup rendah,” kata Galvin.
 
Tingkat penyerapan terbaik suplemen hanya sekitar 50 persen. Liposomal vitamin C memenuhi ambang batas ini, namun sebagian besar merek lain jatuh jauh di bawah, seperti halnya makanan kaya vitamin C.
 
Anda mungkin akan menuai lebih banyak manfaat dengan  vitamin C liposomal merek apapun dibandingkan dengan pil vitamin C standar Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro