Tremor/halodoc
Health

7 Jenis Tremor dan Penyebabnya, Apa Saja?

Ni Luh Anggela
Jumat, 5 November 2021 - 17:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Salah satu anggota tubuh Anda tiba-tiba bergetar tidak terkendali? Bisa jadi, Anda mengalami tremor. Tremor merupakan gerakan otot yang terjadi pada tubuh secara tidak sengaja dan tidak terkendali. Ini dapat terjadi di bagian tubuh mana saja dan kapan saja.
 
Tremor dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti obat, penyakit, cedera hingga kafein. Namun biasanya, penyebab umum tremor adalah kelelahan otot, terlalu banyak mengonsumsi kafein, penuaan, hingga kadar gula darah yang rendah.
 
Penyebab tremor beragam, sesuai dengan jenis tremor. Agar dapat melakukan pengobatan sesuai dengan penyebab tremor, berikut jenis-jenis tremor yang perlu Anda ketahui, melansir Healthline, Jumat (5/11/2021).

1. Essential tremor

Essential tremor adalah jenis tremor yang paling umum. Meskipun tidak dikaitkan dengan penyakit apapun, sebuah penelitian terbaru menghubungkannya dengan degenerasi ringan di otak kecil, yang merupakan bagian otak yang mengontrol gerakan motorik.

2. Parkinsonian tremor

Tremor jenis ini biasanya dialami oleh mereka yang mengidap penyakit Parkinson. Ini disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada bagian otak yang mengontrol gerakan. Kondisi ini lebih sering menyerang mereka yang berusia 60 tahun ke atas

3. Dystonic tremor

Sesuai namanya, kondisi ini dialami pengidap dystonia, suatu kondisi ketika adanya kelainan gerakan kontraksi otot tidak sadar sehingga menyebabkan seseorang melakukan gerakan yang abnormal secara berulang. Banyak beristirahat dapat membantu meringankan jenis tremor ini.

4. Cerebellar tremor

Cerebellar merupakan bagian dari otak belakang yang mengontrol gerakan dan keseimbangan. Tremor ini rentan dialami oleh peminum berat, serta mereka yang mengidap penyakit seperti stroke, tumor dan multiple sclerosis.

5. Psychogenic  tremor

Tremor  ini biasanya muncul akibat adanya gangguan psikologi. Biasanya, Anda akan melakukan gerakan secara tiba-tiba. Ini dapat terjadi ketika tingkat stres atau depresi seseorang sedang tinggi-tingginya. Kondisi ini akan hilang sendirinya saat tingkat stres atau depresi mulai menurun.

6. Orthostatic tremor

Tremor jenis ini biasanya terjadi di kaki Anda, segera setelah Anda berdiri. Getaran ini ditandai dengan adanya kontraksi otot pada kaki dan tubuh Anda. Jenis tremor ini akan menghilang saat Anda duduk, diangkat, atau berjalan.

7. Physiologic tremor

Jenis tremor satu ini sering terjadi sebagai reaksi terhadap obat-obatan tertentu, mengonsumsi alkohol, kadar gula darah rendah, tiroid yang terlalu aktif atau emosi yang meningkat. Satu-satunya cara menghilangkan tremor jenis ini adalah dengan menghilangkan penyebabnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro