Sri Wahyuningsih Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbudristek RI
Health

UKS Perlu Dioptimalkan untuk Satgas Covid-19 di Tingkat Sekolah

Ni Luh Anggela
Sabtu, 6 November 2021 - 10:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di masa pandemi Covid-19 perlu dioptimalkan untuk menjadi bagian dari Satgas Covid tingkat sekolah dalam mewujudkan sekolah sehat.

Menurut Sri Wahyuningsih Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbudristek RI mengatakan, UKS harus menjadi tempat edukasi kepada anak-anak untuk membangun perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini.
 
“Saya berharap UKS tidak menjadi sebatas label saja di sekolah, tetapi UKS betul-betul berperan memberikan layanan pendidikan, layanan kesehatan kepada anak-anak kita, serta melakukan pembinaan kepada lingkungan sekolah,” kata Sri Wahyuningsih dalam Press Conference Peluncuran Kampanye 3M ABC yang diadakan secara daring pada Jumat (5/11/2021).
 
Sri menjelaskan, anak-anak terutama jenjang sekolah dasar perlu dipersiapkan untuk bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19.
 
Untuk itu, pemerintah telah berupaya menerapkan protokol kesehatan  di sekolah, dengan menerbitkan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 yang dapat di unduh melalui laman resmi Kemendikbud. Nantinya para orang tua dan guru dapat melihat prosedur pembelajaran  di masa pandemi.
 
“Kemudian, kita juga selalu menyelenggarakan koordinasi termasuk webinar yang kita lakukan saat ini. Bagaimana kita semua harus membangun perilaku hidup bersih dan sehat melalui aktivitas beragam yang harus dikawal di lingkungan sekolah kepada anak-anak kita agar kita semua bisa terliterasi terutama literasi sains, literasi lingkungan, dalam upaya kita semua mengedukasi  anak-anak kita meliterasi lingkungan sekolah kita untuk tetap bisa hidup sehat. ” jelasnya.
 
Upaya lain yang dilakukan untuk menerapkan protokol kesehatan  di sekolah adalah dengan melakukan kampanye melalui konten-konten edukatif di media sosial.  Sri mengajak semua masyarakat untuk saling mengedukasi melalui media sosial.
 
“Sehingga upaya kita dalam meliterasi anak-anak kita bahkan termasuk mengawal PTM terbatas ini dapat terpantau dengan baik. Dan peran UKS menjadi penting. UKS mari kita bangun konten-konten positif melalui kegiatan sekolah dan kita sebarkan melalui media sosial semoga melalui upaya-upaya tersebut kita semua saling berkampanye untuk hidup sehat sejak dini,” katanya.
 
Dia berharap, semua orang dapat menciptakan kondisi yang nyaman dimanapun anak-anak berada, sehingga anak-anak dapat mengekspresikan apapun yang mereka rasakan di dunia anak-anak, mengingat pandemi Covid-19  telah membuat anak-anak ‘terjebak’ oleh aktivitas diam, bahkan menjadi kurang gerak karena kebijakan belajar dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro