Daging ikan tuna/Istimewa
Health

Manfaat Makan Ikan Tuna dan Porsi yang Dianjurkan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 8 November 2021 - 09:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda pecinta ikan tuna? ikan yang satu ini disebut memiliki banyak khasiat untuk kesehatan lho.

Tuna adalah sumber vitamin B12 yang sangat baik, vitamin penting yang dibutuhkan untuk membuat DNA. Vitamin B12 juga membantu Anda membentuk sel darah merah baru dan mencegah perkembangan anemia.

Manfaat kesehatan dari makan tuna juga meliputi sebagai berikut dilansir dari Webmd:

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Tingginya kadar asam lemak omega-3 pada ikan tuna dapat membantu mengurangi kadar asam lemak omega-6 dan kolesterol LDL yang dapat menumpuk di dalam arteri jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan lebih banyak omega-3 dikaitkan dengan penurunan tingkat penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung.

Mencegah Masalah Penglihatan

Omega-3 dalam tuna juga tampaknya memiliki efek positif pada kesehatan mata. Dalam sebuah penelitian terhadap 40.000 profesional kesehatan wanita, wanita yang makan beberapa porsi tuna per minggu memiliki risiko 68% lebih rendah terkena mata kering. Omega-3 juga dianggap berkontribusi pada kesehatan retina secara keseluruhan.

Mengurangi Risiko Kanker

Asam lemak omega-3 tuna juga dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini penting karena banyak jenis kanker berkorelasi dengan peradangan kronis.

Mendukung Diet

Tuna adalah daging tanpa lemak. Ini relatif tinggi protein, tetapi rendah kalori, yang berarti membuat Anda kenyang lebih lama dan menghentikan Anda makan lebih banyak. Dalam sebuah penelitian, remaja yang secara teratur makan ikan tanpa lemak seperti tuna selama beberapa minggu kehilangan berat badan rata-rata dua pon lebih banyak daripada kelompok kontrol yang tidak makan ikan.

Nutrisi

Tuna adalah salah satu sumber makanan terbaik vitamin D. Hanya 3 ons tuna kaleng menghasilkan sebanyak 50% dari tingkat harian yang direkomendasikan. Vitamin D diperlukan untuk kesehatan tulang, memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit, dan memastikan pertumbuhan optimal pada anak.

Tuna juga merupakan sumber vitamin dan mineral lainnya, seperti zat besi, Vitamin B6, Kalium, Selenium, dan Yodium.

Ukuran Porsi

Karena kandungan merkurinya yang berpotensi lebih tinggi, wanita hamil dan anak kecil harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi ikan tuna. Tuna kalengan mengandung lebih sedikit merkuri daripada tuna segar karena ikan berukuran lebih kecil yang digunakan untuk pengalengan.

FDA merekomendasikan sekitar dua atau tiga porsi tuna ringan per minggu dan hanya satu porsi tuna putih per minggu. Hal ini karena kandungan merkuri yang lebih tinggi pada ikan tuna putih.

Ukuran porsi tuna untuk orang dewasa yang khas adalah sekitar 4 ons.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro