Ilustrasi vaksin Covid-19./Antara
Relationship

Ini Dia Kata Terpopuler Tahun 2021 Versi Oxford

Ayyubi Kholid Saifullah
Senin, 8 November 2021 - 22:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dampak dari pandemi virus corona yang dimulai pada awal tahun 2020, bahkan bisa dilihat secara luas hingga saat ini.

Sementara "pandemi" dan "lockdown" adalah beberapa kata yang paling sering digunakan untuk tahun 2020 (karena pandemi Covid), untuk tahun 2021 Oxford English Dictionary (OED) telah mengumumkan kata "vax" sebagai kata tahun ini untuk tahun 2021!

"Vax", kata OED tahun 2021 menyoroti terobosan medis dan kebangkitan vaksin Covid di seluruh dunia. "Vax adalah Kata Tahun Ini 2021 kami. Ketika para leksikografer kami mulai menggali data korpus bahasa Inggris kami, dengan cepat menjadi jelas bahwa vax adalah istilah yang sangat mencolok. Kata yang relatif langka di korpus kami sampai tahun ini, pada bulan September sudah lebih dari 72 tahun. kali lebih sering daripada pada waktu yang sama tahun lalu. Ini telah menghasilkan banyak turunan yang sekarang kita lihat dalam berbagai konteks informal, dari situs vax dan kartu vax hingga mendapatkan vaxx dan sepenuhnya vaxx, tidak ada kata yang lebih baik menangkap suasana tahun lalu daripada vax," bunyi pernyataan di situs resmi mereka dilansir dari Times of India.

Kata Vaccine pertama kali tercatat digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1799, sedangkan kata turunannya seperti vaksinasi dan vaccinate tercatat digunakan pada tahun 1800.

Vaccine berasal dari kata Latin Vacca, yang berarti sapi. Saat itu di akhir 1790-an dan awal 1800-an ketika dokter-ilmuwan Inggris Edward Jenner menemukan vaksin melawan cacar yang menyebabkan revolusi dalam dunia perawatan kesehatan global.

Sinonim populer lainnya untuk Vax adalah Jab, yang juga sangat digunakan pada tahun lalu.

Setiap tahun tim ahli bahasa dan leksikografer memilih kata-kata yang menjadi tren pada tahun itu, menangkap ide-ide yang menguasai tahun itu secara global. KLIK DI SINI untuk melihat kata-kata yang mengatur dan mendefinisikan dekade 2010.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro