Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Buah-buahan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Pektin adalah polisakarida kompleks yang ada di dinding sel tanaman, diekstraksi secara komersial dari limbah pulp selama pengepresan jus buah (misalnya, dari kulit jeruk dan apel pomace).
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 13 November 2021  |  12:46 WIB
Pedagang menata jeruk - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Pedagang menata jeruk - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Orang yang punya kolesterol tinggi harus menghindari konsumsi sejumlah jenis makanan, dan mengonsumsi beberapa jenis makanan penurun kadarnya.

Selain makanan, ada juga buah-buahan yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi Anda. 

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di EJCN, jenis pektin penurun kolesterol pada pria dan wanita hiperkolesterol dianalisis.

Pektin adalah polisakarida kompleks yang ada di dinding sel tanaman, diekstraksi secara komersial dari limbah pulp selama pengepresan jus buah (misalnya, dari kulit jeruk dan apel pomace).

Pektin adalah agen pembentuk tekstur dan pembentuk gel dan pembentuk gel gastrointestinal mempengaruhi laju transit, laju penyerapan nutrisi, dan penyerapan dan sekresi kolesterol.

Studi ini menemukan pektin membantu menurunkan kolesterol dengan mekanisme yang mirip dengan serat larut air lainnya.

“Dengan meningkatkan viskositas usus, ini mengurangi penyerapan kembali asam empedu, meningkatkan sintesis asam empedu dari kolesterol, dan dengan demikian mengurangi kolesterol darah yang bersirkulasi,” simpul penelitian tersebut.

Buah jeruk seperti jeruk dan lemon juga mengandung pektin dan direkomendasikan untuk mereka yang peduli dengan kadar kolesterolnya.

Buah jeruk juga merupakan sumber serat yang baik dengan hanya satu cangkir segmen jeruk yang mengandung empat gram serat.

Serat memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu penurunan berat badan.

Jeruk sangat tinggi serat larut, jenis serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

Faktanya, dibandingkan dengan buah dan sayuran lainnya, buah jeruk unik karena memiliki rasio serat larut dan tidak larut yang lebih tinggi.

Berbicara tentang buah berserat yang membantu menurunkan kolesterol, buah beri juga sama kuatnya.

Buah mengandung senyawa bioaktif yang membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya karena efek antioksidan dan anti-inflamasinya.

Makan buah beri, yang merupakan sumber yang sangat kaya akan senyawa tanaman ini, dapat membantu meningkatkan HDL "baik" dan menurunkan kolesterol LDL "jahat".

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Science Direct, buah beri segar secara signifikan dapat mengurangi penumpukan kolesterol LDL (low-density lipoprotein), penyebab yang berkontribusi terhadap penyakit jantung, stroke dan aterosklerosis, suatu bentuk arteriosklerosis.

Blackberry memiliki efek penghambatan LDL tertinggi, diikuti oleh raspberry merah, blueberry dan stroberi, menurut dokter Edwin Frankel, dari University of California di Davis tempat penelitian dilakukan.

Makanan yang harus dihindari yang dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda meliputi:

Telur

Keju

kerang

Steak yang dibesarkan di padang rumput

ikan sarden

Yoghurt penuh lemak

Makanan penutup.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buah kolesterol
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top