Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

12 Makanan Untuk Otak yang Sehat

Otak membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan fungsi dan menciptakan kemampuan berpikir yang baik. Simak makanan untuk otak yang sehat dan cerdas.
1

Gandum, Kopi, Alpukat, dan Kacang Tanah

Kafein menyebabkan peningkatan entropi otak, yang mengacu pada aktivitas otak yang kompleks dan bervariasi - Freepik.com
Kafein menyebabkan peningkatan entropi otak, yang mengacu pada aktivitas otak yang kompleks dan bervariasi - Freepik.com

Makanan yang baik untuk otak adalah mengandung protein sehat dan vitamin E, untuk meningkatkan ingatan dan meningkatkan kecerdasan.  Berikut lanjutan makanan yang baik dikonsumsi sehari-hari dan baik untuk otak.

  1. Gandum Utuh

Sama seperti kacang-kacangan, gandum utuh mengandung vitamin E yang baik untuk otak. Konsumsi nasi merah, barley, havermut, roti gandum, dan pasta gandum utuh dapat menjadi pilihan terbaik. 

  1. Kopi

Berita baik bagi para pecinta kopi. Kafein dalam kopi dapat memblokade adenosine yang membuat seseorang mengantuk. Para peneliti menemukan bahwa kafein menyebabkan peningkatan entropi otak, yang mengacu pada aktivitas otak yang kompleks dan bervariasi. Ketika entropi tinggi, otak dapat memproses lebih banyak informasi.

  1. Alpukat 

Sebagai sumber lemak tak jenuh yang sehat, alpukat dapat meningkatkan fungsi otak. Konsumsi lemak tak jenuh tunggal dapat mengurangi tekanan darah. Sementara itu, tekanan darah tinggi dikaitkan dengan penurunan kognitif.

Jadi, dengan mengurangi tekanan darah tinggi, lemak tak jenuh dalam alpukat dapat menurunkan risiko penurunan kognitif.

  1. Kacang Tanah 

Kacang tanah termasuk dalam legume yang kaya nutrisi. Kacang ini mengandung banyak lemak tak jenuh dan protein untuk menjaga tingkat energi seseorang sepanjang hari. Kacang tanah juga menyediakan vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan otak, termasuk vitamin E dan resveratrol tingkat tinggi.

Resveratrol adalah antioksidan non-flavonoid alami yang ditemukan dalam kacang tanah, murbei, dan rhubarb. Resveratrol dapat memiliki efek perlindungan, seperti membantu mencegah kanker, peradangan, dan penyakit neurologis, termasuk Alzheimer dan Parkinson.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan otak
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top