Seorang ibu menyusui bayinya./Istimewa
Health

Ini Cara Mengatasi Baby Blues Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

Annasa Rizki Kamalina
Jumat, 19 November 2021 - 14:30
Bagikan

Dukungan Keluarga dan Lakukan yang Disukai

Usai melahirkan, maka ibu bisa saja merasa sensitif. Di masa peralihan ini, maka ibu membutuhkan bantuan dan dukungan dari keluarga untuk menjaga seiring proses pemulihan.

Ada juga ibu yang mengalami baby blues usai melahirkan. Maka sebaiknya, ibu mendapatkan dukungan dari suami, mertua dan saudara perempuannya.

4. Berbicara dengan seseorang. Tidak harus menjadi terapis, tetapi jika Anda memilikinya, hubungi mereka. Jika tidak, mengobrol dengan anggota keluarga atau teman yang "mendapatkan" Anda dan tidak akan menghakimi. Terkadang Anda hanya perlu mengeluarkan keluhan Anda.

5. Lakukan sesuatu yang Anda sukai. Ketika jenuh, lakukanlah hal yang Anda sukai. Melakukan hal ini akan menemukan jalan terbaik untuk pulih.

6. Tingkatkan ikatan dengan pasangan Anda. Mengurus bayi bersama pasangan bisa menjadi stress reliever meskipun tidak setiap saat. Hal ini bisa sangat membantu Anda berdua merasa terhubung dan didukung.

Namun, jika Anda masih merasa sedih atau cemas setelah 2 minggu, atau jika gejala Anda semakin parah, hubungi orang terdekat dan tepercaya ataupun bantuan kesehatan.

Baby blues mungkin normal dan cepat diatasi, tetapi depresi pascamelahirkan perlu diobati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro