Ilustrasi pasangan yang akan menikah/Freepik
Relationship

3 Hal yang Harus Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Menikah

Feni Freycinetia Fitriani
Rabu, 1 Desember 2021 - 23:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak pasangan bertengkar ketika menyiapkan pesta pernikahan. Simak 3 hal yang harus Anda bicarakan dengan pasangan sebelum memutuskan menikah.

Mulai dari memilih empat terbaik untuk bulan madu hingga mencari pakaian untuk pesta, kebanyakan pasangan mendiskusikan setiap hal kecil dengan calon suami atau istri menjelang pernikahan.

Alih-alih membahas seputar kebutuhan akad dan resepsi pernikahan semata, Anda sebaiknya mendiskusikan bagaimana kalian menjalankan kehidupan setelah resmi menikah. Pasalnya, banyak pasangan justru jarang membahas bagaimana hidup mereka berubah pasca-pernikahan.

Berikut 3 hal yang harus dibicarakan dengan pasangannya sebelum menikah agar dapat menjalani kehidupan yang damai dan bahagia seperti dilansir dari PinkVilla, Rabu (1/12/2021).

1. Keuangan/Finansial

Anda mungkin berpikir terlalu canggung untuk membahas uang dengan pasangan sebelum menikah. Namun, hal yang tidak dapat Anda sangkal bagian keuangan sangat penting untuk kalian berdua. Anda perlu menyelesaikan masalah uang Anda sebelum memutuskan untuk menghabiskan sisa hidup Anda bersama.

Diskusikan bagaimana Anda berdua akan menangani berbagai hal, apakah Anda akan membagi tagihan. Termasuk keputusan untuk bekerja atau tinggal di rumah setelah menikah. Semakin banyak Anda berdiskusi, semakin jelas pikiran kalian berdua. Jadi, hilangkan kecanggungan dan bicarakan tentang uang sebelum mengikat janji.

2. Lokasi Tempat Tinggal 

Jika Anda berdua bekerja dan pekerjaan Anda tidak memungkinkan Anda untuk bekerja dari rumah, penting untuk mendiskusikan siapa yang akan pindah. Meskipun ini mungkin keputusan yang sulit, penting untuk mengetahuinya terlebih dahulu sehingga tidak ada di antara kalian berdua yang harus mengambil keputusan dengan tergesa-gesa setelah menikah.

Buat semua daftar pro dan kontra, lakukan perhitungan Anda, dan buat keputusan yang bijaksana. Pastikan tidak ada di antara kalian yang melakukannya hanya demi kebahagiaan dan kenyamanan salah satu pihak.

Jika sulit untuk membuat keputusan bersama, minta kantor Anda memberi izin untuk bekerja dari rumah selama beberapa waktu. Ini akan memberi Anda cukup waktu untuk berpikir dan mengambil keputusan.

3. Satu Rumah dengan Orang Tua

Penting untuk mendiskusikan apakah Anda berdua akan pindah ke rumah baru atau tinggal sementara di rumah orang tua atau mertua. Berikan pemikiran yang mendalam, lihat apa yang berhasil untuk Anda dan putuskan untuk diri sendiri dan pasangan Anda.

Kebanyakan orang menginginkan privasi dan mungkin ingin pindah ke rumah baru. Namun, ada pula pasangan yang mungkin ingin menikmati waktu keluarga. Apapun alasannya, keputusan tersebut harus menjadi panggilan bagi Anda.

Alih-alih bertengkar, cobalah dan pahami pandangan orang lain, hargai mereka, lalu sampaikan pendapat Anda kepada pasangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro