Brokoli bisa menjadi makanan untuk mencegah penyakit kanker./ilustrasi
Health

7 Makanan Mencegah Kanker Sejak Usia Muda 

Annasa Rizki Kamalina
Kamis, 2 Desember 2021 - 14:31
Bagikan

Wortel, Bayam, dan Gandum

5. Wortel

Kandungan beta karoten dalam wortel dapat menjaga membrane sel tubuh dari kerusakan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker. 

Wortel yang dimasak mengandung lebih banyak antioksidan daripada mentah, menurut laporan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry. Jika Anda memasak wortel, biarkan utuh saat dikukus atau direbus, dan potong setelah selesai.

6. Bayam 

Bayam kaya akan lutein dan zeaxanthin, senyawa karotenoid yang melawan radikal bebas dari tubuh Anda sebelum merusaknya. Kandungan ini ditemukan dalam bayam dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa karotenoid dapat melindungi terhadap kanker mulut, kerongkongan, dan perut.

7. Gandum/biji-bijian Utuh 

Biji-bijian utuh memberikan banyak serat, tetapi sementara diet tinggi sayuran dan buah-buahan telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal. Gandum utuh mengandung zat lain yang mungkin melawan kanker, termasuk lignan, yang bertindak sebagai antioksidan, dan saponin, yang bisa mencegah sel kanker untuk memperbanyak diri. 

Biasakan diri makan buah-buahan dan sayuran bisa menjadi pilihan terbaik untuk menurunkan risiko kanker, seperti paru-paru, mulut, tenggorokan, laring, kerongkongan, lambung, pankreas, prostat, dan berbagai jenis kanker lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

3 dari 3 halaman
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro