Ilustrasi perempuan menjalani diet sehat agar panjang umur/Freepik
Health

Simak 7 Tips Diet Keto yang Tepat dan Aman

Novita Sari Simamora
Rabu, 15 Desember 2021 - 18:10
Bagikan

Asupan Lemak Sehat, Puasa Singkat, dan Uji Kadar Keton

  1. Tingkatkan Asupan Lemak Sehat

Lemak sehat yaitu termasuk ikan berlemak, minyak zaitun, dan minyak alpukat. Selain itu, banyak makanan sehat dan tinggi lemak juga sangat rendah karbohidrat.

Namun, jika penurunan berat badan menjadi tujuan, penting untuk memastikan Anda tidak mengonsumsi terlalu banyak kalori secara total, karena ini dapat menyebabkan penurunan berat badan Anda terhenti.

Mengonsumsi setidaknya 60 persen kalori dari lemak akan membantu meningkatkan kadar keton Anda. Pilih berbagai lemak sehat baik dari sumber hewani maupun nabati.

  1. Cobalah puasa singkat 

Faktanya, banyak orang mengalami ketosis ringan antara makan malam dan sarapan. Anak-anak dengan epilepsi secara tradisional berpuasa selama 12-72 jam sebelum mereka memulai diet ketogenik. Pendekatan ini sering membutuhkan pengawasan di rumah sakit.

Puasa dapat membantu memastikan beberapa anak mengalami ketosis dengan cepat sehingga kejang dapat dikurangi lebih cepat.

  1. Pertahankan asupan protein yang cukup

Mencapai ketosis membutuhkan asupan protein yang cukup namun tidak berlebihan. Diet ketogenik klasik yang digunakan pada penderita epilepsi membatasi karbohidrat dan protein untuk memaksimalkan kadar keton.

Diet yang sama mungkin juga bermanfaat bagi penderita kanker, karena dapat menghambat pertumbuhan tumor.

Penting untuk mengonsumsi protein yang cukup untuk memasok hati dengan asam amino yang dapat digunakan untuk membuat glukosa. Asupan protein harus cukup tinggi untuk mempertahankan massa otot ketika asupan karbohidrat rendah, terutama selama penurunan berat badan.

  1. Uji kadar keton dan sesuaikan diet Anda sesuai kebutuhan

Seperti banyak hal dalam nutrisi, mencapai dan mempertahankan keadaan ketosis sangat perlu perhatian.

Oleh karena itu, akan sangat membantu untuk menguji kadar keton Anda untuk memastikan mencapai tujuan Anda.

Tiga jenis keton - aseton, asetoasetat, dan beta-hidroksibutirat - dapat diukur dalam napas, urin, atau darah Anda. Menggunakan satu atau lebih metode ini untuk menguji keton dapat membantu Anda menentukan apakah Anda perlu melakukan penyesuaian untuk diet keto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro