Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mau Umur Panjang ? Hindari Sarapan 5 Makanan Ini

Untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan tentunya membantu Anda berumur panjang, para ahli telah menyarankan untuk menghindari makanan-makanan berikut dari sarapan Anda
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 22 Desember 2021  |  12:29 WIB
Ilustrasi-Yogurt - Thetimes.co.uk
Ilustrasi-Yogurt - Thetimes.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA – Apa yang Anda makan dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Itulah mengapa, memilih makanan yang tepat dan menghindari makanan yang dapat memperpendek hidup Anda dalam jangka panjang sangat penting dilakukan, begitu pula dengan sarapan.
 
Makanan berperan besar bagi otak, tulang dan otot Anda. Bila Anda tidak makan dengan benar, otak, tulang dan otot Anda tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.
 
Menurut sebuah studi yang diterbitkan di The Lancet, pola makan yang buruk bertanggung jawab untuk lebih banyak kematian secara global, daripada risiko kesehatan lainnya, termasuk menggunakan tembakau.
 
Untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan tentunya membantu Anda berumur panjang, para ahli telah menyarankan untuk menghindari makanan-makanan berikut dari sarapan Anda, melansir Live Strong, Rabu (22/12/2021). 

1. Yogurt tinggi gula

Yogurt pada umumnya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan seringkali digunakan untuk sarapan. Akan tetapi, apabila yogurt yang Anda gunakan mengandung gula tambahan yang tinggi, alias gula yang ditambahkan selama pemrosesan makanan, gula meja atau gula dari sirup dan madu, sepertinya, Anda perlu menghilangkannya dari daftar sarapan Anda.
 
Sebuah studi di tahun 2014 menemukan bahwa selama 15 tahun, peserta yang makan 17 hingga 21 persen atau lebih kalori harian mereka dari gula, 38 persen kemungkinan meninggal akibat penyakit jantung, dibandingkan mereka yang makan kurang dari 10 persen kalori tambahan dari gula.
 
Oleh karena itu, usahakan untuk menambahkan gula tambahan kurang dari 10 persen kalori harian Anda. Salah satu cara yang baik untuk memasukkan yogurt sehat ke dalam sarapan Anda adalah dengan memilih Greek yogurt tanpa pemanis. Anda juga bisa menambahkan kacang-kacangan dan biji-bijian untuk mendapatkan protein dan serat.

2. Granola tinggi gula

Mirip dengan yogurt, granola mungkin terlihat sebagai pilihan makanan yang sehat, tetapi mereka mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak sehat yang bertindak sebagai penambah rasa.
 
Direktur medis di Pritikin Longevity Center Danine Fruge mengatakan, granola yang ada di pasaran mungkin tidak hanya tinggi gula, tetapi juga tinggi garam dan lemak.
 
Sudah menjadi rahasia umum bahwa terlalu banyak natrium dikaitkan dengan risiko terkena tekanan darah tinggi yang lebih besar, yang merupakan penyebab utama stroke dan penyakit jantung menurut USDA. Terlebih, makan terlalu banyak lemak dapat menyebabkan sejumlah masalah yang memengaruhi usia Anda, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, masalah pencernaan dan masih banyak lagi.
 
Tidak hanya itu, apa yang Anda tuangkan ke dalam sereal atau granola juga membuat perbedaan. Misalnya jika Anda menambahkan oat milk, itu akan membuat Anda lebih cepat merasa lapar. Sedangkan, jika Anda menambahkan susu atau susu kedelai, ini akan memberikan lebih banyak protein dan membuat Anda kenyang sepanjang hari.

3. Makanan beku ultra-olahan

Untuk bisa berumur panjang, Anda perlu menghindari makanan apapun yang diproses karena mereka tidak memiliki nutrisi yang kita butuhkan untuk berkembang, terutama hal-hal yang mengandung gula, garam dan lemak tinggi.
 
Ditambah lagi, makanan olahan adalah kontributor utama natrium dalam makanan karena garam sering digunakan untuk mengawetkan makanan dan memperpanjang umur simpan, menurut Academy of Nutrition and Dietetics.
 
“Kalori dalam makanan mungkin tampak baik-baik saja, tetapi jika garamnya tinggi, itu dapat berkontribusi pada peningkatan tekanan darah dan masalah lain yang dapat memengaruhi umur panjang,” kata Fruge.

4. Bar sarapan

Bar sarapan mungkin menjadi pilihan yang cepat dan mudah, terutama saat Anda sedang bepergian atau terburu-buru. Sayangnya, ini tidak akan bermanfaat untuk Anda. Alasan utamanya adalah meskipun mereka tinggi kalori, mereka dapat menyebabkan kebiasaan makan yang buruk.
 
Biasanya, Fruge mengatakan, beberapa bar yang ada di pasaran tinggi lemak. Secara psikologis, Anda mungkin mengira Anda tidak makan sebanyak itu, padahal kenyataannya Anda makan terlalu banyak.
 
Jika Anda makan terlalu banyak di kemudian hari, pada akhirnya berat badan Anda akan bertambah, yang mana memengaruhi umur panjang Anda.
 
Apapun yang menyebabkan berat badan Anda bertambah dan penambahan lemak, ini dapat menyebabkan sindrom metabolik yang berhubungan dengan tekanan darah, kolesterol, diabetes, penyakit jantung, demensia dan lainnya.

5.  Makanan yang dipanggang

Makanan yang dipanggang seperti panekuk, wafel dan donat seringkali menjadi pilihan terburuk bila Anda ingin berumur panjang.
 
Fruge menjelaskan, ini mungkin tidak hanya memiliki banyak olahan di dalamnya – yang membuat gula darah dan insulin Anda naik, tetapi mereka juga dapat membuat Anda lelah di kemudian hari dan membuat Anda makan-makanan yang tidak sehat.
 
Tentu saja, Anda bisa membuat versi Anda sendiri dari makanan ini dengan cara yang lebih sehat.  Misalnya, jika Anda membuatnya dengan tepung gandum utuh dan tidak menambahkan gula, maka itu bisa menjadi makanan yang sehat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

usia makanan sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top