Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Kelola Tidur dan Napping yang Sehat di Masa Pandemi

Tidur berkualitas merupakan tidur yang memberikan perasaan dan kondisi segar dan bugar pada saat bangun
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 24 Desember 2021  |  14:23 WIB
Tips Kelola Tidur dan Napping yang Sehat di Masa Pandemi
Ilustrasi tidur siang
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di era pandemi seperti saat ini, ketika orang diminta untuk bekerja dari rumah, tentu ada beberapa hal yang perlu disesuaikan dalam ritme hariannya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah waktu tidur dan kualitas tidur.

“Tidur berkualitas merupakan tidur yang memberikan perasaan dan kondisi segar dan bugar pada saat bangun,” kata Hening Pujasari, S.Kp., M. Biomed., MANP., Ph.D., pemerhati dan peneliti Gangguan Tidur dalam keterangan tertulis.

Dia mengatakan pemenuhan tidur yang berkualitas didapatkan dengan memenuhi sleep hygiene atau menerapkan kebiasaan tidur yang lebih sehat, sehingga menghilangkan hal-hal yang dapat mengganggu tidur.

Selama pandemi Covid-19, tidur berkualitas menjadi lebih penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental (Suni & Rehman, 2021). Tidur yang berkualitas ini bisa meningkatkan imunitas seseorang. Hal ini penting untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit, termasuk infeksi virus corona.

Tidur yang nyenyak juga bisa meningkatkan fungsi otak, sehingga seseorang bisa berpikir lebih jernih, lebih fokus, dan mampu menyelesaikan persoalan yang kompleks. Tidur berkualitas juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Sebaliknya, bila seseorang mengalami kurang tidur, maka  dapat memicu depresi, gangguan kecemasan, bipolar, sampai dengan gangguan stres pascatrauma.

Menurut Hening, langkah yang perlu diperhatikan untuk mendapakan tidur yang berkualitas adalah membatasi konsumsi makan dan minum sebelum tidur, jadwal tidur dan bangun yang sama, melakukan olahraga secara rutin, berada di lingkungan yang baik, napping menjadi bagian dari tidur siang yang dianjurkan. Napping yang dianjurkan adalah dalam waktu 10-20 menit, dengan menciptakan lingkungan yang tenang, nyaman, dan cahaya yang redup.

Tidur berkualitas penting untuk kesehatan dan banyak cara yang dapat dilakukan di rumah untuk mencapai tidur yang berkualitas tersebut. Jika tidur merupakan suatu masalah yang tidak kunjung teratasi, maka seseorang dianjurkan mengunjungi fasilitas kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur pola tidur
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top