Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Minuman yang Harus Anda Hindari Sebelum Tidur

Berikut 5 jenis minuman yang harus Anda hindari sebelum tidur agar tidak insomnia seperti dikutip dari sleepeducation.org, Senin (29/11/2021).
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 29 November 2021  |  23:38 WIB
5 Minuman yang Harus Anda Hindari Sebelum Tidur
Ilustrasi wanita mengalami insomnia - Freepik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda mengalami insomnia dan rasa gelisah saat malam hari? Ini 5 minuman yang harus Anda hindari sebelum tidur.

Ada kemungkinan pilihan minuman yang Anda konsumsi saat larut malam memiliki efek negatif pada pola tidur Anda. Pilihan minuman yang salah dapat memengaruhi kualitas tidur Anda, menunda jam tubuh Anda, memecah tidur Anda, dan banyak lagi.

Berikut 5 jenis minuman yang harus Anda hindari sebelum tidur agar tidak insomnia seperti dikutip dari sleepeducation.org, Senin (29/11/2021).

1. Alkohol

Bukan rahasia lagi bahwa alkohol membuat Anda merasa mengantuk setelah beberapa kali minum. Meskipun Anda mungkin berpikir alkohol membantu Anda tidur, ada efek negatif setelah minum di malam hari.

Efek yang paling jelas adalah alkohol meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari. Hal itu dapat mengganggu pola tidur Anda. Penggunaan alkohol juga dapat memecah tidur Anda dan mengurangi tidur rapid eye movement (REM).

Minum alkohol erlebihan dapat menyebabkan gejala insomnia. Ini juga dapat memperburuk keparahan masalah pernapasan saat tidur. Masalah-masalah ini termasuk mendengkur dan sleep apnea.

2. Kopi

Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu membangunkan Anda di pagi hari. Namun, minum kopi di sore hari dapat berdampak negatif pada tidur Anda. Bahkan dapat menunda jam alami tubuh Anda.

Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi kafein enam jam sebelum tidur mengurangi total waktu tidur satu jam. Studi lain menemukan bahwa ada berbagai kandungan kafein dalam kopi spesial. Bahkan kopi tanpa kafein (decaf) ternyata tetap mengandung kafein.

3. Minuman Energi

Untuk alasan yang jelas, tidak ada gunanya minum minuman energi sebelum tidur. Jumlah kafein dalam minuman ini dapat membuat Anda sulit untuk tertidur, mengurangi total waktu tidur Anda.

Minuman energi dapat mengandung kafein dua sampai tiga kali lebih banyak daripada soda atau kopi.

4. Soda

Konsumsi minuman bersoda pada malam hari seperti pukulan ganda untuk tidur Anda. Soda sarat dengan kafein dan banyak gula. Kafein dapat membuat sulit untuk tertidur, dan gula dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk tetap tidur.
Satu studi menemukan bahwa orang yang memiliki asupan gula harian yang tinggi memiliki lebih banyak gairah dari tidur di malam hari.

5. Air

Yang paling mengejutkan, Anda tidak boleh minum air mendekati waktu tidur Anda. Pada orang dewasa muda yang sehat, keluaran urin Anda lebih rendah di malam hari daripada di siang hari. Hal itu membantu mencegah Anda terbangun di malam hari untuk menggunakan kamar mandi.

Minum terlalu banyak air di malam hari dapat mengganggu keseimbangan ini. Anda harus minum banyak air di siang hari untuk mencegah dehidrasi. Kemudian, kurangi minum air di malam hari untuk menghindari perjalanan ke kamar mandi pada saat tengah malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minuman tips sehat insomnia
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top