Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kaleidoskop 2021 : Film dan Serial Paling Viral di Tanah Air

Berikut 10 film dan serial yang paling banyak ditonton dan trending di tanah air sepanjang 2021
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 27 Desember 2021  |  15:29 WIB
Serial Netflix Squid Game - BBC.com
Serial Netflix Squid Game - BBC.com

Bisnis.com, JAKARTA - Serial Squid Game menjadi serial yang paling banyak ditonton dan dibicarakan sepanjang tahun 2021.

Selain Squid Game, ada juga serial Korea, dan juga film Indonesia yang kontroversi, Selesai.

Film dan serial ini, menjadi viral di media sosial juga dan menjadi perbincangan penontonnya. 

Berikut 10 film dan serial yang paling banyak ditonton dan trending di tanah air sepanjang 2021 dikutip dari Google trends

1. Squid Game

Squid Game (Hangul: ?????; RR: Ojing-eo Geim) adalah serial drama survival melalui televisi internet asal Korea Selatan yang ditulis dan disutradarai oleh Hwang Dong-hyuk. Seri sembilan episode, yang dibintangi oleh Lee Jung-jae, Park Hae-soo dan Wi Ha-joon, menceritakan tentang sekelompok orang yang mempertaruhkan hidup mereka dalam game berbahaya demi melunasi utang. Game tersebut menawarkan hadiah yang sangat fantastis, yaitu sebesar ?45.6 miliar (US$38,4 juta).

Serial ini dirilis di seluruh dunia pada 17 September 2021 oleh Netflix.

Empat ratus lima puluh enam orang, yang semuanya berjuang secara finansial dalam hidup, diundang untuk memainkan kompetisi bertahan hidup yang misterius. Berkompetisi dalam serangkaian permainan anak-anak tradisional tetapi dengan tikungan yang mematikan, mereka mempertaruhkan hidup mereka untuk bersaing memperebutkan hadiah ?45.6 miliar (US$38,5 juta).

2. Ali & Ratu Ratu Queens

Ali & Ratu Ratu Queens adalah film drama komedi Indonesia yang disutradarai oleh Lucky Kuswandi, ditulis oleh Gina S. Noer, dan diproduksi oleh Palari Films. Film Ali & Ratu Ratu Queens mengambil latar tempat di kota Queens, New York dan Jakarta. Film tersebut menampilkan Iqbaal Ramadhan, Nirina Zubir, Asri Welas, Tika Panggabean, dan Happy Salma.

Film ini awalnya direncanakan tayang di bioskop pada tahun 2020. Namun, dikarenakan pandemi COVID-19 di Indonesia, film tersebut dirilis di Netflix secara global sebagai film asli Netflix pada 17 Juni 2021.

Ali, remaja 17 tahun yang hendak mengejar ibu kandungnya yang meninggalkannya sejak kecil ke New York, Amerika Serikat. Sesampainya di Queens, New York, ia malah bertemu dengan ibu-ibu rempong yang kocak yaitu Party, seorang cleaning lady yang keibuan dan perhatian.

Ada juga Biyah seorang bonek yang menyambi jadi paparazi, Ance seorang single mom galak dan bertingkah laku seakan dia agen rahasia, serta Chinta yang datang ke New York untuk mengejar cinta namun kandas dan berakhir menjadi seorang tukang pijat.

Di tengah itu semua, Ali jatuh cinta pada Eva (Aurora Ribero), anak perempuan satu-satunya Ance yang membuatnya lebih kenal dengan keajaiban New York.

3. Jingga dan Senja

Jingga dan Senja adalah serial web Indonesia produksi Rapi Films dan Screenplay Films yang ditayangkan perdana 29 Oktober 2021 di Vidio.

Serial web ini diadaptasi dari novel Jingga dalam Elegi karya Esti Kinasih. Serial ini disutradarai oleh Kuntz Agus dan dibintangi oleh Abidzar Al Ghifari, Yoriko Angeline, Giulio Parengkuan, dan Keisya Levronka. Episode serial ini tayang setiap Jumat.

4. Hometown Cha-Cha-Cha

Hometown Cha-Cha-Cha adalah seri televisi Korea Selatan yang dibintangi oleh Shin Min-a, Kim Seon-ho dan Lee Sang-yi.

Seri televisi ini merupakan daur ulang dari film Korea Selatan tahun 2004 Mr. Handy, Mr. Hong. Tayang perdana di tvN pada 28 Agustus 2021 dan tayang setiap Sabtu dan Minggu pukul 21:00 (WSK). Seri ini juga tersedia untuk penonton internasional melalui Netflix. 

Yoon Hye-Jin (Shin Min-a) bekerja sebagai dokter gigi. Dia adalah orang yang realistis, tetapi karena haknya, yang hanya sebagian kecil dari pikirannya, hidupnya berubah. Dia akhirnya pindah ke desa tepi laut Gongjin. Di sana, Yoon Hye-Jin bertemu Hong Du-Sik (Kim Seon-ho). Dia menjadi penasaran tentang pria itu. Hong Du-Sik disebut Tuan Hong oleh penduduk setempat. Dia adalah pria yang tampan dan pintar. Secara resmi, dia menganggur, tetapi dia selalu tampak sibuk. Jika seseorang membutuhkan bantuan, Hong Du-Sik adalah orang pertama yang muncul dan memberikan bantuan.

5. Vincenzo

Vincenzo adalah seri televisi Korea Selatan tahun 2021 yang menampilkan Song Joong-ki, Jeon Yeo-been, Ok Taec-yeon, Kim Yeo-jin, Kwak Dong-yeon, dan Jo Han-cul. Ditayangkan perdana di tvN setiap Sabtu dan Minggu pukul 21:00 (WSK) mulai 20 Februari hingga 2 Mei 2021 dan juga tersedia melalui Netflix.

Pada usia delapan tahun, Park Joo-hyung (Song Joong-ki) pergi ke Italia setelah diadopsi oleh Don Fabio, kepala keluarga mafia Cassano. Berganti nama menjadi Vincenzo Cassano, dia menjadi pengacara Italia, seorang consigliere untuk mafia, dan salah satu orang terbaik Fabio sampai kematiannya. Setelah Fabio meninggal, Paolo (putra kandung dan pemimpin baru Fabio) mencoba membunuhnya; dia melarikan diri ke Seoul untuk mendapatkan emas tersembunyi di dalam Kompleks Apartemen Geumga-dong. Vincenzo membantu seorang hartawan asal Tiongkok menyembunyikan emasnya di lemari besi yang diamankan mafia di dalam kompleks tersebut, tetapi orang tersebut meninggal.

6. Godzilla vs Kong

Godzilla vs. Kong adalah sebuah film monster Amerika Serikat garapan Adam Wingard. Sebuah sekuel dari Godzilla: King of the Monsters (2019) dan Kong: Skull Island (2017), film tersebut adalah film keempat dalam seri MonsterVerse yang diproduksi oleh Legendary.

Film tersebut juga merupakan film ke-36 dalam seri Godzilla, film ke-12 dalam seri King Kong, dan film Godzilla keempat yang sepenuhnya diproduksi oleh sebuah studio Hollywood. Film tersebut dibintangi oleh Alexander Skarsgård, Millie Bobby Brown, Rebecca Hall, Brian Tyree Henry, Shun Oguri, Eiza González, Julian Dennison, Lance Reddick, Kyle Chandler dan Demián Bichir.

7. Raya and the Last Dragon

Raya and the Last Dragon adalah film laga-petualangan fantasi animasi komputer Amerika Serikat tahun 2021 yang disutradarai Don Hall dan Carlos López Estrada serta diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios. Naskah film ini ditulis Qui Nguyen dan Adele Lim. Film ini terilhami oleh kebudayaan tradisional Asia Tenggara. Pengisi suara film ini terdiri dari Kelly Marie Tran, Awkwafina, Izaac Wang, Gemma Chan, Daniel Dae Kim, Benedict Wong, dan Sandra Oh. Alur film ini ialah seorang putri pendekar yang mencari naga terakhir menurut dongeng, dengan harapan untuk mengembalikan permata naga yang akan mengusir roh-roh jahat yang dikenal sebagai Druun dari tanah Kumandra.

Walt Disney Studios Motion Pictures menayangkan Raya and the Last Dragon di bioskop Indonesia pada 3 Maret 2021 dan Amerika Serikat pada 5 Maret 2021 dalam format 2D, 3D, Dolby Cinema, dan IMAX. Film ini tersedia secara serentak di Disney+ Premier Access imbas efek pandemi COVID-19 terhadap bioskop. Pada Juli 2021, tak lama setelah akses premiumnya berjalan, film ini menjadi judul aliran yang paling banyak ditonton kedua di belakang Lucifer musim kelima dari Netflix.

Hingga Agustus 2021, film ini meraup $122 juta di seluruh dunia dan mendapat ulasan yang sebagian besar positif dari para pengkritik, yang memuji animasi, visual, rangkaian laga, skor musik, pengisian suara, cerita, dan pesan. Bagaimanapun juga, film ini menuai kritik karena tidak mewakili aktor Asia Tenggara sebagai pengisi suaranya.

8. Selesai

Selesai adalah film drama Indonesia tahun 2021 yang disutradarai oleh Tompi dan cerita oleh Imam Darto. Film yang menyelesaikan proses syuting pada akhir 2020 ini dibintangi oleh Ariel Tatum, Gading Marten, serta Anya Geraldine sebagai pemeran utama  dan ditayangkan secara terbatas di Bioskop Online.

Film ini bercerita tentang Ayu ingin meninggalkan pasangannya, Broto, karena sudah lelah diselingkuhi. Namun, lockdown pandemi datang, ibu mertua pun hadir di rumah mereka. Di tengah upaya Ayu dalam menjaga perasaan ibu mertuanya, Broto menemukan fakta baru tentang istrinya yang belum pernah terungkap.

9. Antares

Antares adalah serial web Indonesia produksi MD Entertainment yang ditayangkan perdana 30 Juli 2021 di WeTV dan Iflix. Serial web ini diadaptasi dari novel Wattpad berjudul sama karya Rweinda.[1][2] Serial ini disutradarai oleh Rizal Mantovani dan dibintangi oleh Angga Yunanda, Beby Tsabina, Irzan Faiq, Maudy Effrosina, dan Fatih Unru. Episode baru serial ini tayang setiap hari Kamis dan Jumat pukul 18.00 WIB.

10. Nevertheless

Nevertheless adalah sebuah seri televisi Korea Selatan tahun 2021 yang menampilkan Song Kang dan Han So-hee. Diadaptasi dari webtoon populer dengan judul sama yang pertama kali diterbitkan di Naver Webtoon pada Oktober 2018.

Seri ini ditayangkan perdana di JTBC setiap hari Sabtu pukul 23.00 (WSK) mulai 19 Juni hingga 21 Agustus 2021. Seri ini juga tersedia di Netflix.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Film serial televisi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top