Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

11 Cara Menjaga Hubungan Pernikahan Agar Langgeng hingga Kakek-Nenek

Simak 11 cara menjaga hubungan pernikahan agar bertahan hingga menjadi kakek-nenek seperti dikutip dari Bolde, Senin (27/12/2021).
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 27 Desember 2021  |  22:16 WIB
Ilustrasi pasangan suami istri yang langgeng sampai jadi kakek-nenek - Freepik
Ilustrasi pasangan suami istri yang langgeng sampai jadi kakek-nenek - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Melihat pasangan kakek-nenek yang masih saling mencintai memberikan rasa takjub kepada siapapun yang memperhatikannya.

Pasti Anda pernah bertanya-tanya, bagaimana mereka dapat menghabiskan waktu dengan orang yang sama dan hubungannya tetap segar serasa umur 20 tahunan? Hubungan yang langgeng dibangun tidak hanya sekadar cinta murni, namun juga melibatkan banyak kerja keras.

Simak 11 cara menjaga hubungan pernikahan agar bertahan hingga menjadi kakek-nenek seperti dikutip dari Bolde, Senin (27/12/2021).

1. Komunikasi yang kuat

Anda tidak akan pernah bisa benar-benar tahu bagaimana perasaan seseorang kecuali Anda membicarakannya dengan mereka. Komunikasi yang terbuka adalah suatu keharusan dalam hubungan yang sukses.

Anda harus dapat berbicara dengan pasangan Anda tentang apa yang ada di pikiran Anda, dan sebaliknya. Saat komunikasi menghilang, saat itulah hubungan benar-benar bermasalah.

2. Saling jujur

Kejujuran itu penting, apa pun jenis hubungan yang Anda jalani. Anda harus terbuka dengan pasangan Anda tentang segala hal. Kebenaran mungkin tidak selalu indah, tetapi selalu menang.

Bukankah Anda lebih suka mengetahui kebenaran walaupun sulit sekarang daripada menemukannya sendiri nanti dan menemukan bahwa pasangan Anda berbohong kepada Anda?

3. Saling percaya

Tanpa kepercayaan, suatu hubungan tidak akan pernah bertahan lama. Jika satu orang tidak mempercayai yang lain, hal itu dapat menyebabkan bencana yang tidak akan pernah hilang.

Tidak peduli seberapa banyak Anda mencoba meyakinkan mereka tentang ketulusan Anda. Percaya kepada pasangan akan segala hal menjadi bentuk utama untuk memperdalam ikatan yang mereka miliki satu sama lain.

4. Mengerti dan memilih hal yang harus dipermasalahkan

Bertengkar dengan pasangan merupakan suatu hal yang normal. Anda tidak akan selalu setuju dengan mereka dan tentu saja, emosi akan berkobar dan tiba-tiba, Anda berada dalam argumen yang besar.

Satu hal penting adalah mengetahui cara memilih mana kondisi yang perlu dipermasalahkan atau tidak. Hanya karena mereka lupa membersihkan beberapa piring kotor, bukan berarti Anda harus mulai bertengkar tentang hal itu. Beberapa hal harus Anda relakan atau biarkan demi hubungan.

5. Memahami bahwa hubungan dibangun berdua, bukan sendiri

Hubungan adalah perihal memberi dan menerima. Anda berdua harus berusaha untuk membuatnya berhasil. Jadi, jika satu orang berusaha sedikit lebih keras, maka orang lain lebih baik membantu pasangannya.

Hubungan idealnya 50/50, tetapi akan ada saatnya 60/40 atau bahkan 80/20, tergantung pada sedang ada hal apa lagi yang terjadi dalam hidup Anda.

Selama ketidakseimbangan itu tidak permanen atau menunjukkan masalah yang lebih besar, menempatkan semua yang Anda miliki ke dalam hubungan Anda akan membuahkan hasil yang besar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pernikahan pasangan tips cinta
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top