Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Cara Hilangkan Lemak Perut, Gak Perlu Diet Ketat!

Berikut 5 cara efektif untuk hilangkan lemak perut. Gak perlu lakukan diet ketat!
Tresia
Tresia - Bisnis.com 28 Desember 2021  |  21:10 WIB
Ilustrasi pria mengukur perut buncit akibat lemak perut - Freepik.com
Ilustrasi pria mengukur perut buncit akibat lemak perut - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Lemak di perut tak hanya mengganggu penampilan, tetapi berbahaya untuk kesehatan tubuh. Simak 5 cara menghilangkan lemak perut tanpa diet ketat.

Lemak perut sering disebut visceral fat. Lemak jenis ini di klaim sebagai faktor risiko utama untuk penyakit diabetes tipe 2, jantung, dan penyakit berbahaya lainnya.

Sayangnya, menghilangkan lemak di area perut tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda harus berusaha keras agar lemak-lemak tersebut berkurang sehingga perut tak buncit. Namun, jangan khawatir. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kelebihan lemak pada bagian perut.

Melansir dari laman situs Healthline pada Selasa (28/12/2021), berikut 5 cara efektif untuk hilangkan lemak perut. Gak perlu lakukan diet ketat!

1. Makanan Protein Tinggi

Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk menjaga berat badan. Asupan protein yang tinggi meningkatkan pelepasan hormon yang membuat Anda kenyang sekaligus menurunkan nafsu makan.

Protein juga meningkatkan tingkat metabolisme sehinggamembantu Anda mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan.

Banyak penelitian observasional menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein cenderung memiliki sedikit lemak pada bagian perut daripada mereka yang makan diet rendah protein.

Cobalah untuk memasukkan sumber protein yang baik setiap anda makan, seperti daging, ikan, telur, produk olahan susu, protein whey, dan kacang polong.

2. Lakukan Latihan Aerobik (kardio)

Latihan Aerobik (kardio) merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk meningkatkan kesehatan dan serta membakar kalori.

Sebuah studi juga mengatakan bahwa metode ini adalah salah satu bentuk latihan paling efektif untuk mengurangi lemak perut. Meski demikian, hasil yang didapat cukup beragam karena tergantung frekuensi dan durasi program latihan Anda.

3. Hindari Stres Berlebihan

Tahukah anda, bahwa stres dapat membuat Anda bertambah gemuk? Stres dapat memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres.

Dalam sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak pada perut lebih banyak.

Hal ini berlaku khususnya pada wanita yang sudah memiliki pinggang besar. Wanita dengan tipe tubuh tersebut cenderung memproduksi lebih banyak kortisol sebagai respons terhadap stres.

Peningkatan kortisol yang berlebihan dapat menambah kadar lemak di sekitar bagian tengah perut. Untuk mengurangi lemak perut, cobalah untuk lakukan aktivitas menyenangkan yang tentunya dapat membantu menghilangkan stres. Salah satunya meditasi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lemak tips sehat diet berat badan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top