Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kiat Bahagia di Usia Paruh Baya

Lantas, bagaimana caranya agar Anda tetap bahagia di usia paruh baya? Berikut tips ny
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 Januari 2022  |  14:32 WIB
Ilustrasi - Read.plash.in
Ilustrasi - Read.plash.in

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang khawatir mengalami krisis paruh baya, ketika usia mereka menginjak 40 tahun. 

Kita bisa melihat krisis paruh baya diplot pada kurva berbentuk U dalam penelitian ilmu sosial. Pada bagan yang mewakili kebahagiaan yang kita rasakan selama hidup kita, tahun-tahun pertengahan kita adalah titik terendah di U.

Satu studi menyebutkan usia yang paling tidak bahagia pada usia 47 tahun. Penelitian menunjukkan bahwa setelah usia 18 tahun, kebahagiaan kita mulai berkurang dan tidak pulih sampai pertengahan 60-an. Dengan kata lain, usia paruh baya sulit bagi hampir semua orang.

Apa yang membuat kita tidak bahagia di usia paruh baya, dan apa yang bisa kita lakukan untuk menjadi bahagia?

Manusia tidak sendirian merasa sedih di tengah kehidupan kita; kera juga mengalaminya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kera besar juga mengalami perasaan sedih di usia paruh baya.

Paruh baya merupakan usia di mana kita menetap dalam karier, menikah, membesarkan anak, dan membeli rumah (jika kita beruntung). Tapi itu juga usia di mana kemunduran karir atau kehilangan pekerjaan dapat memiliki efek yang paling merugikan.

Memiliki dan membesarkan anak-anak dapat memberi kita kegembiraan besar di usia paruh baya, tetapi juga dapat menyebabkan banyak stres. Ini juga terjadi ketika orang bercerai, kehilangan orang tua, dan memiliki lebih banyak masalah kesehatan.

Ketidakbahagiaan di usia paruh baya tidak dapat sepenuhnya dikaitkan dengan situasi kita. Ketika studi menyesuaikan variabel seperti pernikahan dan pendapatan, kurva masih berbentuk U.

Lantas, bagaimana caranya agar Anda tetap bahagia di usia paruh baya? Berikut tips nya dilansir dari Psychology today :

1. Memelihara hubungan yang bermakna dan membuat Anda bahagia

Seiring bertambahnya usia dan cakrawala waktu orang semakin pendek, orang berinvestasi dalam apa yang paling penting, hubungan yang biasanya bermakna, dan memperoleh kepuasan yang semakin besar dari investasi ini.

Pengalaman emosional meningkat seiring bertambahnya usia karena orang-orang mulai menghargai dan menginvestasikan lebih banyak upaya dalam hal-hal kehidupan yang penting bagi mereka.

Untuk menjadi lebih bahagia, luangkan waktu untuk teman-teman Anda. Jangan merusak pesta ulang tahun teman dekat karena Anda lelah setelah bekerja selama seminggu. Pekerjaan mungkin tidak membuat Anda bahagia dalam jangka panjang, tetapi persahabatan akan membuat Anda bahagia. Dan habiskan lebih banyak waktu untuk hobi Anda. Investasikan waktu dan energi Anda pada hal-hal yang paling penting dan tidak terkait dengan pendakian karier Anda sehari-hari.

2. Lepaskan harapan yang tidak realistis

Dengan menerima kekuatan dan kelemahan Anda dan melepaskan "aspirasi yang tidak mungkin" yang Anda miliki ketika Anda masih muda, Anda mungkin menemukan bahwa Anda lebih bahagia dengan hidup Anda.

Fokuslah pada apa yang telah Anda capai, kegembiraan yang Anda miliki dalam hidup Anda, dan apa yang masih dapat Anda lakukan.

3. Bersimpati dengan teman-teman Anda

Yang menggembirakan, pada saat Anda berusia 70 tahun, jika Anda masih bugar secara fisik maka rata-rata Anda bahagia dan sehat secara mental seperti anak berusia 20 tahun.

Anda tidak sendirian dalam kecemasan paruh baya Anda; itu sangat normal. Jadi, berhentilah menyalahkan diri sendiri tentang hal itu.

4. Hidup untuk saat ini

Seiring orang memandang masa depan sebagai semakin dibatasi, mereka menetapkan tujuan yang lebih realistis dan mudah dikejar. Dengan kata lain, untuk menjadi lebih bahagia, Anda harus berhenti memindahkan tiang gawang ke jarak yang semakin tidak realistis.

Lihatlah ke sekeliling, hidup Anda mungkin cukup hebat saat ini, bahkan jika itu tidak terlihat persis seperti yang Anda pikirkan ketika Anda berusia 18 tahun. Dan, seperti yang ditunjukkan oleh ilmu pengetahuan, yang terbaik belum datang. Hidup adalah sebuah petualangan, dan Anda masih memiliki banyak hal di depan Anda.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips cinta tips bahagia
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top