Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Menu Sarapan Terbaik Jika Anda Punya Kolesterol Tinggi

Berikut 5 menu sarapan terbaik untuk dikonsumsi jika Anda memiliki kolesterol tinggi seperti dilansir dari Eat This! pada Minggu (9/1/2022).
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 09 Januari 2022  |  08:01 WIB
Menu sarapan untuk orang dengan kadar kolesterol tinggi - Freepik
Menu sarapan untuk orang dengan kadar kolesterol tinggi - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh bisa memicu banyak penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, stroke, hingga jatung koroner. Simak 5 menu sarapan terbaik untuk orang yang mempunyai kolesterol tinggi.

Anda punya kadar kolesterol tinggi dalam tubuh? Tenang, Anda tak sendirian. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC memperkirakan hampir 12 persen orang dewasa berusia 20 tahun ke atas menderita kondisi umum ini.

Hal yang lebih menakutkan adalah kolesterol tinggi tidak memiliki gejala. Imbasnya, Anda bisa memiliki kadar yang kurang dari ideal tanpa menyadarinya.

Sisi baiknya, kolesterol tinggi relatif mudah diobati dan diperbaik. Langkah pertama dan terpenting yang dapat Anda lakukan, yaitu mengubah pola makan Anda dengan memasukkan makanan sehat dan seimbang

Ahli diet merekomendasikan cara terbaik untuk memulai hari Anda dengan makanan sarapan yang direkomendasikan untuk mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

Berikut 5 menu sarapan terbaik untuk dikonsumsi jika Anda memiliki kolesterol tinggi seperti dilansir dari Eat This! pada Minggu (9/1/2022).

1. Oatmeal

Oatmeal adalah pilihan sarapan yang kaya nutrisi karena merupakan sumber serat larut yang sangat baik. Direktur Global Clinical Research & Nutrition dan asisten profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Florida Michelle Cardel mengatakan serat larut menempel pada kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan membantu mengeluarkannya dari tubuh Anda.

Selain itu, oatmeal juga kaya kandungan antioksidan sehingga dapat membantu mengo

ntrol tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

"Satu cangkir oatmeal yang dimasak mengandung enam gram protein, empat gram serat, dan sekitar 150 kalori. Untuk memberi oatmeal Anda serat tambahan, lemak sehat, dan peningkatan protein, tambahkan oatmeal Anda dengan buah beri dan kacang panggang, seperti pecan atau kenari. Kombinasi yang unggul ini akan menahan rasa lapar selama berjam-jam," ujar Cardel.

2. Buah Beri

Jika Anda membutuhkan sedikit makanan manis di pagi hari, tetapi Anda mencoba untuk menurunkan kadar kolesterol, pertimbangkan untuk menambahkan tambahan atau topping buah beri, misalnya blackberry dan raspberry. Buah superstar ini tinggi serat lantaran mengandung sekitar 8 gram per cangkir.

"Serat dalam buah beri akan membantu menghilangkan kolesterol dari tubuh dan membantu Anda merasa kenyang dan puas setelah makan," kata Tara Tomaino, Research and Development di The Park.

3. Telur dengan Sayuran Tumis

Telur memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi, tetapi semuanya ditemukan di kuning telur. Pasalnya, kuning telur mengandung asam lemak jenuh yang lebih tinggi, yang memiliki efek lebih besar pada kadar kolesterol darah Anda jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak, menurut Harvard Health.

Jika Anda menyukai telur di pagi hari, jangan khawatir. Anda masih bisa menikmatinya: jangan makan bagian kuning telur.

Seperti yang dijelaskan Cardel, putih telur tinggi protein (tiga gram per putih telur). Putih telur juga rendah kalori, lemak dan kolesterol, dan berfungsi sebagai sumber potasium, riboflavin, dan selenium.

"Masak telur dadar Anda dengan sedikit minyak zaitun, dan masukkan beberapa sayuran, misalnya jamur, bayam, dan paprika lalu tumis. Semuanya terasa lezat dalam telur dadar tersebut," imbuhnya.

4. Kacang-kacangan

Kacang bukanlah makanan yang populer disantap untuk sarapan. Namun, warga Inggris Raya, Kosta Rika, Jepang, Myanmar, Mesir, dan lainnya ternyata gemar mengonsumsi kacang untuk sarapan.

Jika Anda belum mencobanya, anggap ini sebagai tantangan kuliner. Kacang-kacangan adalah salah satu makanan terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol darah, menurut Megan Erwine, RD dan ahli gizi LetsGetChecked.com.

Kacang-kacangan penuh dengan serat larut yang menyerap kolesterol darah dan mengeluarkannya dari tubuh, dan merupakan sumber protein nabati yang sangat baik.

5. Alpukat dan Roti Gandum

Menu sarapan alpukat dan roti gandum merupakan pilihan sarapan yang trendi. Bukan itu saja, menu ini terntata bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung Anda juga.

Alpukat adalah sumber yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal, atau lemak sehat—dan berhubungan dengan penurunan kolesterol dan penurunan risiko penyakit jantung.

"Mereka juga tinggi sterol, yang merupakan zat nabati yang membantu menurunkan kolesterol," kata Cardel.

Oles roti panggang gandum dengan alpukat yang sudah dihancurkan. Lampu taburi dengan beberapa irisan tomat dan sedikit minyak zaitun untuk menambah rasa. Sarapan mewah yang sehat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kolesterol tips sehat diet sarapan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top