Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bun, Begini Cara Ajarkan Anak Tentang Uang Sejak Dini

Jika Anda bingung untuk memulainya, berikut beberapa cara yang direkomendasikan ahli untuk memberikan pelajaran seputar keuangan
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 17 Januari 2022  |  20:38 WIB
Ilustrasi menabung - Istimewa
Ilustrasi menabung - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Mendidik anak-anak agar dapat mengelola uang dengan baik adalah bagian penting dari mengasuh anak. Meskipun di sekolah mereka juga diajarkan mengenai pentingya menabung, cara mencegah pembelian yang impulsif dan cara menetapkan anggaran bulanan dan menjalankannya, hal itu tidaklah cukup. Sebab sebagai orang tua, Anda perlu memberikan mereka beberapa pelajaran juga di rumah.

Akan tetapi, kapan Anda bisa memulai memberikan pelajaran keuangan ini? Para ahli mengatakan, pendidikan dapat dimulai sejak usia tiga tahun, dimana anak-anak dapat memahami konsep dasar uang.

Jika Anda bingung untuk memulainya, berikut beberapa cara yang direkomendasikan ahli untuk memberikan pelajaran seputar keuangan, seperti dilansir dari Parents, Senin (17/1/2022).

1. Jelaskan konsep dasar uang di usia muda

Sebagian orang tua seringkali menghindari pembicaraan seputar keuangan dengan anak kecil, entah karena mereka merasa topiknya mungkin masih terlalu jauh atau karena takut harus membicarakan situasi keuangan mereka sendiri.

Meskipun orang tua mungkin tidak ingin menakut-nakuti atau membuat anak mereka frustrasi dengan kebenaran dan konsep yang sulit, Ahli Keuangan di Philadelphia Federal Credit Union (PFCU) Erin Ellis mengatakan, sangat penting untuk memberi anak-anak pemahaman dasar tentang uang, sehingga mereka dapat melek finansial sebagai orang dewasa.

Anda bisa mulai mengajarkannya dari:

- Bagaimana uang memungkinkan Anda membayar sesuatu

- Menjelaskan berbagai jenis uang dan bagaimana masing-masing jenis memiliki nilainya sendiri

- Memberikan contoh barang yang bisa Anda beli

- Menjelaskan mengapa penting untuk selalu menabung

2. Libatkan anak-anak dalam pembayaran tagihan keluarga dan pengelolaan anggaran

“Cara lain untuk mulai mengajarkan anak pada dasar-dasar ekuangan adalah dengan mengajak mereka berdiskusi dan membahas tentang tagihan rumah tangga bulanan,” kata Sandy Yong penulis The Money Master.

Misalnya, Anda bisa menunjukkan tagihan kepada anak-anak atau bekerjasama untuk menemukan cara bagaimana mengurangi tagihan listrik dan air, dan mengubahnya menjadi permainan yang menyenangkan.

3. Cari momen sehari-hari untuk melanjutkan obrolan tentang uang

Sebuah studi menunjukkan, ketika orang tua dan anak-anak secara aktif mendiskusikan keuangan di rumah, anak-anak cenderung memiliki hasil keuangan yang positif mulai dari awal masa dewasa.

“Percakapan rutin adalah bagian besar dari sosialisasi keuangan,” kata Jennifer Seitz, seorang instruktur pendidikan keuangan bersertifikat.

Misalnya, menanyakan anak Anda jenis kartu bank apa yang mereka gunakan untuk membeli kebutuhan mereka di toko ataupun mall. Jika itu kartu debit, Anda bisa menjelaskan bagaimana kartu itu langsung mengambil uang dari rekening bank Anda. Atau, jika itu kartu kredit, tunjukkan bahwa saldo utang pada kartu kredit harus dibayar setiap bulannya.

“Intinya adalah, tidak satupun dari mereka adalah kartu ajaib yang bisa mengeluarkan uang,” katanya.

4. Jadikan menabung sebagai prioritas

Saat anak-anak mulai tumbuh dewasa dan sudah mulai mendapatkan gaji mereka sendiri, terkadang akan ada godaan untuk menghabiskan uang, mulai dari membeli gadget baru hingga membeli koleksi yang sedang tren. Oleh karena itu, mengajari anak tentang menabung dengan bijak adalah langkah penting untuk membangun kebiasaan finansial yang baik.

“Anda dapat mendorong kebiasaan ini sejak dini dengan mengajari anak Anda untuk menyisihkan sebagian dari uang saku mereka untuk digunakan di masa depan,” kata Poulomi Damany seorang manajer umum keuangan.

Dia menambahkan, penting untuk menekankan manfaat menabung kepada anak, terutama bila mereka sudah memiliki penghasilan sendiri. Setidaknya, ini akan mengajarkan mereka tentang nilai uang dan manfaat nyata yang bisa mereka dapatkan dari menabung.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips keuangan parenting
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top