Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech menjadi vaksin booster /BBC
Health

Simak Jenis Vaksin Booster Untuk Masyarakat

Tresia
Selasa, 18 Januari 2022 - 10:45
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta - Masyarakat bisa menerima vaksin booster Covid-19, bila sudah menerima vaksin dosis lengkap yakni dosis 1 dan 2, dengan jarak 6 bulan.

Pakar kesehatan mengungkapkan bahwa vaksin booster Covid-19 lebih baik dan aman diberikan, setelah 6 bulan mendapatkan vaksin virus corona dosis kedua. Jika masa suntik vaksin sebelumnya masih dibawah 6 bulan, maka vaksinasi Booster tidak dapat dilakukan. 

Program vaksinasi booster Covid-19 sudah mulai digalakkan sejak 12 Januari 2022, pemerintah mulai menggelar sentra vaksinasi di sejumlah daerah dan tempat umum agar masyarakat mudah mendapatkan vaksin tersebut. 

Selain itu, program vaksinasi juga diberikan secara gratis kepada masyarakat. Sasaran yang dituju dan diprioritaskan dalam program ini adalah masyarakat yang sudah berusia 18 tahun keatas, lansia dan orang dengan penderita imunokompromais (kondisi abnormal dimana kemampuan seseorang untuk melawan infeksi menurun)

Mengutip dari Kemenkes RI, Selasa, (18/1/2022), jenis vaksin yang akan diberikan sesuai dengan riwayat penerimaan dosis vaksin pertama dan kedua serta mempertimbangkan ketersediaan vaksin di layanan vaksinasi.

jenis vaksin booster dan lokasi vaksin
jenis vaksin booster dan lokasi vaksin

Sebagai informasi, masyarakat dapat mengecek jadwal dan tiket vaksinasi di aplikasi peduli lindungi pada menu "Status vaksinasi dan hasil tes Covid-19". 

Sementara untuk lokasi sentra vaksinasi, masyarakat dapat mendatangi fasilitas kesehatan milik pemerintah atau pos pelayanan vaksinasi.

Jika termasuk dalam kelompok prioritas dan sudah mendapat vaksin lengkap Covid-19 minimal 6 bulan, bisa datang langsung ke sentra vaksinasi terdekat dengan membawa KTP/KK dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Tresia
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro