Ilustrasi pria dengan perut buncit/fitnessformen.co.id
Health

10 Cara Mengurangi Perut Buncit saat Umur 40 Tahun Ke Atas

Lukman Nur Hakim
Selasa, 18 Januari 2022 - 21:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memasuki usia 40 tahun ke atas menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Ketika berusia makin tua, kesehatan atau mungkin paras seseorang akan berubah secara drastis. Salah satu indikatornya, yaitu perut buncit.

Perut buncit tidak hanya membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri. Lebih dari itu, perut buncit menyimpan berbagai penyakit kronis, misalnya serangan jantung, stroke, diabetes, dan lainnya.

Berikut 10 cara mengurangi perut buncit saat Anda memasuki umur 40 tahun ke atas menurut para ahli yang dilansir dari Eat This! pada Selasa (18/1/2022).

1. Kurangi Gula

Gula merupakan makanan yang mengandung glukosa yang tinggi, setidaknya ketika Anda makan kurangilah penggunaan gula jika ingin badan Anda terlihat ideal ketika tua.

Selain itu menurut Dianne Rishikof, gula menyebabkan lonjakan insulin yang dapat menyebabkan penyimpanan lemak—terutama di bagian tengahnya. Cobalah untuk makan lebih sedikit.

2. Perbanyak Olahraga

Di usia yang berada di antara tua dan dewasa, orang berusia 40 tahunan harus mencoba lebih banyak gerak atau olahraga agar masa otot yang berada di tubuh tidak menjadi hilang dan membakar lemak disekitar perut. Jennifer Cassetta, ahli dari ABC's My Diet Is Better Than Yours menyebut jika latihan kekuatan adalah suatu keharusan di atas 40.

"Ini membangun massa otot tanpa lemak, yang, dari waktu ke waktu, akan membantu meningkatkan tingkat metabolisme istirahat Anda yang perlahan-lahan menurun seiring bertambahnya usia," ujar Jennifer.

3. Sarapan Protein, Hindari Karbohidrat

Mulailah hari Anda dengan mengonsumsi protein, bukan karbohidrat. Protein dapat mencegah lonjakan gula darah dan aktivitas insulin. Menurut Amy Shapiro, memulai hari dengan protein akan mencegah kembung.

"Singkirkan sereal dan roti panggang dan mulailah hari Anda dengan dua telur rebus, protein shake, a telur dadar sayuran, atau yogurt [greek yogurt] dengan biji chia dan buah beri," imbuhnya.

4. Hindari Makan yang Membuat Kembung

Pertimbangkan untuk mengambil makanan yang menyebabkan kembung, termasuk produk susu. Seiring bertambahnya usia, tubuh kita tidak dapat memecah laktosa secara efisien.

Amy Shapiro mengatakan lambung Anda tidak dapat mencerna sesuatu secara efisien, hal itu cenderung menyebabkan gas dan kembung serta menyebabkan perut buncit. Hindari makanan susu, dan Anda mungkin akan melihat beberapa perbaikan.

5. Jauhi Garam

Terlalu banyak natrium dalam makanan berkontribusi pada edema dan kembung. Dampaknya lebih memengaruhi tubuh seiring bertambahnya usia. Hindari makanan siap saji dan makanan kaleng yang tinggi kandungan garam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro