Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Alasan Wanita Butuh Tidur Berkualitas Lebih Lama dari Pria

“Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kebutuhan tidur mungkin agak berbeda antara pria dan wanita, mengingat struktur biologis mereka."
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Januari 2022  |  15:40 WIB
Ilustrasi tidur siang
Ilustrasi tidur siang

Bisnis.com, JAKARTA - Tidur memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mental, fisik, dan emosional. Tetapi selama pandemi yang membuat orang harus bekerja dan belajar dari rumah sehingga kecemasan meningkat dan aktivitas fisik berkurang, berdampak buruk pada kualitas tidur.

Wanita, terutama ibu yang bekerja, merasakan dampak yang paling besar karena sebenarnya wanita butuh waktu tidur lebih panjang daripada pria.

Sebuah studi tahun 2014 yang dikutip Indian Express, Kamis, 20 Januari 2022, "Exploring Sex and Gender Differences in Sleep Health: A Society for Women's Health Research Report", yang diterbitkan di National Library of Medicine, menemukan bahwa jam tidur yang optimal berbeda pada pria dan wanita. Penelitian itu menyebutkan bahwa wanita 40 persen lebih rentan terhadap insomnia dan sindrom kaki gelisah dan juga pria cenderung tidur lebih nyenyak daripada wanita.

Sibasish Dey, kepala urusan medis Asia dan Amerika Latin ResMed, perusahaan penyedia alat bantu tidur, sependapat dengan temuan penelitian tersebut. “Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kebutuhan tidur mungkin agak berbeda antara pria dan wanita, mengingat struktur biologis mereka,” kata dia.

Dia menambahkan bahwa wanita tidur sekitar 11-13 menit lebih lama, tetapi pria cenderung memiliki tidur yang jauh lebih nyenyak. Wanita lebih cenderung bangun di tengah malam untuk mengurus orang lain dalam keluarga padahal tidur akan lebih nyenyak bila tidak terganggu.

“Selain itu, wanita lebih cenderung tidur siang di siang hari, menunjukkan bahwa total waktu tidur mereka mungkin menyesatkan. Tidur siang menambah waktu tidur (jumlah jam yang dihabiskan untuk tidur) dan membuat tidur malam kurang nyenyak,” lanjutnya.

Inilah alasan wanita membutuhkan tidur lebih banyak dengan kualitas yang lebih baik tidur daripada pria.

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur
Sumber : Tempo
Editor : Andhika Anggoro Wening

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top