Ilustrasi pasangan sedang bertengkar karena salah paham/PinkVilla
Relationship

8 Cara Menghindari Salah Paham Pria dan Perempuan

Nabila Dina Ayufajari
Rabu, 26 Januari 2022 - 16:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kunci penting untuk membangun hubungan yang selalu harmonis adalah menjaga komunikasi dengan pasangan. Menjengkelkan ketika Anda tidak mengetahui suasana hati pasangan Anda karena Ia tidak ingin terbuka dengan Anda. 

Frustasinya lagi, ketika pasangan Anda membiarkan Anda menebak-nebak isi hatinya. Tentu, kita sudah dewasa dan tidak bisa membuat waktu lagi untuk menerka-nerka isi hati atau keinginan masing-masing. 

Selain itu, keadaan ini akan membuat hubungan kalian terasa tidak nyaman. Apalagi jika terjadi kesalahpahaman yang akan berujung penyelesaiannya sangat rumit.

Untuk itu, Bolde memiliki beberapa trik menghindari kesalahpahaman atau miskomunikasi dalam hubungan Anda, yang dikutip pada Rabu (26/1/2022):

  1. Jangan membuat asumsi

Jangan memberikan pasangan Anda sebuah pernyataan yang menggantung. Hal ini akan membuat mereka mengira-ngira sendiri maksud dan tujuan pernyataan tersebut. Selain itu, situasi ini kemungkinan akan menciptakan sebuah kesalahpahaman yang berujung pada debat.

Sementara itu, jika Anda yang diberikan pernyataan menggantung, maka jangan membuat asumsi sendiri. Sebaiknya, Anda perlu mencari tahu dan memastikan kembali kebenarannya ke pasangan Anda.

  1. Ketahui dan katakan dengan jelas keinginan Anda

Jika Anda ingin menghindari miskomunikasi dalam hubungan, maka langkah ini sangat penting untuk diperhatikan. Jangan menganggap bahwa pasangan Anda tahu segalanya tentang Anda, termasuk keinginan dan pikirkan Anda.

Pemikiran atau harapan seperti inilah yang biasanya cenderung menciptakan konflik. Hal ini karena Anda berharap Ia bisa mengetahui segala kebutuhan, keinginan, atau pemikiran Anda tanpa diberi tahu. 

Ia tidak mungkin secara ajaib dalam semalam mengetahui semuanya tentang Anda. Oleh karena itu, Anda harus memahami keinginan Anda dan mengatakan dengan jelas kepada pasangan. 

Melalui cara ini, pasangan Anda akan mengerti tindakan perlu Ia lakukan dan Anda bisa menghindari kesalahpahaman dengan pasangan. Hal ini juga akan mendorong Ia untuk melakukan hal yang sama.

  1. Pelajari ‘love language’ Anda dan pasangan

Pelajari tentang bahasa cinta atau love language karena ini merupakan cara berbeda yang dapat dilakukan seseorang untuk berkomunikasi atau mengungkapkan perasaannya. Tentu, hal ini akan membantu Anda dan pasangan saling memahami satu sama lain.

  1. Selalu terbuka tentang perasaan Anda

Banyak orang berpikiran menghindari permasalahan merupakan cara paling tepat untuk menjaga hubungan. Hal ini juga dilakukan untuk menutupi perasaan Anda kepada pasangan.  

Padahal, akan jauh lebih baik ketika Anda berusaha untuk terbuka dengan menyampaikan seluruh perasaan Anda kepada pasangan. Beritahu pasangan hal yang tidak Anda suka ataupun Anda senangi sekalipun.

Bahkan, Anda bisa mengungkapkan emosi, seperti Anda sedang merasa sedih atau marah. Situasi ini akan memberikan ketenangan dan mengantisipasi konflik yang terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro